Tata Cara Permohonan Informasi di PPID Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh

  • Pemohon informasi mengisi formulir permintaan informasi di pusat pelayanan informasi/online
  • Pemohon informasi menyerahkan lembar permohonan informasi kepada petugas dengan melampirkan/mengupload foto copy KTP/Paspor/Akte bagi lembaga hukum.
  • Petugas Pelayanan Informasi menyerahkan tanda bulto permitían informasi kepada pemohon informasi
  • Petugas Pelayanan memeriksa informasi serta meregistrasi permohonan informasi tersebut dan memberitahukan kapan pemohon mendapatkan informasi yang diajukan.
  • Informasi yang diajukan apabila tersedia dipusat layanan akan diverivikasi oleh petugas selanjutnya diserahkan kepada Pemohon informasi, degna menyerahkan tanda bukti penerimaan informasi.
  • PPID Pembantu dapat menjawab secara langsung kepada pemohon informasi degna tembusan ke PPID Utama atan berkoordinasi dengen PPID Utama.
  • Selanjutnya informase yang dikirim dari PPID Pembantu, diserahkan kepada Pemohon Informasi degan menyerahkan tanda bukti penerimaan informasi.

Adapun hak-hak bagi pemohon informasi berdasarkan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik No. 14/2008 adalah sebagai berikut :

  1. Pemohon Informasi berhak untuk meminta seluruh informasi yang berada di Badan Publik kecuali :Informasi yang apabila dibuka dan diberikan kepada pemohon informasi dapat:Menghambat proses penegakan hukum;Menganggu kepentingan perlindungan hak atas kekayaan intelektual dan perlindungan dari persaingan usaha tidak sehat;
    Membahayakan pertahanan dan keamanan Negara;
    Mengungkap kekayaan alam Indonesia;
    Merugikan ketahanan ekonomi nasional;
    Merugikan kepentingan hubungan luar negeri;
    Mengungkap isi akta otentik yang bersifat pribadi dan kemauan terakhir ataupun wasiat seseorang;
    Mengungkap rahasia pribadi;
    Memorandum atau surat-surat antar Badan Publik atau intra Badan Publik yang menurut sifatnya dirahasiakan kecuali atas putusan Komisi Informasi atau Pengadilan;
    Informasi yang tidak boleh diungkapkan berdasarkan Undang-undang.
  2. Badan Publik juga dapat tidak memberikan informasi yang belum dikuasai atau didokumentasikan.
    Pastikan anda mendapat tanda terima permintaan informasi berupa nomor pendaftaran ke petugas informasi/ppid.
  3. Bila tanda terima tidak diberikan tanyakan kepada petugas informasi alasannya, mungkin permintaan informasi anda kurang lengkap
  4. Pemohon Informasi berhak untuk mendapatkan pemberitahuan tertulis atas diterima atau tidaknya permohonan informasi dalan jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja sejak diterimanya permohonan informasi oleh Badan Publik.Badan Publik dapat memperpanjang waktu untuk memberi jawaban tertulis 1 x 7 hari kerja.
    Biaya yang dikenakan bagi permintaan atas salinan informasi berdasarkan Peraturan Pimpinan Badan Publik.
  5. Badan Publik dapat memperpanjang waktu untuk memberi jawaban tertulis 1 x 7 hari kerja.
  6. Biaya yang dikenakan bagi permintaan atas salinan informasi berdasarkan Peraturan Pimpinan Badan Publik.
  7. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Badan Publik (misal menolak permintaan anda atau memberikan hanya sebagian yang diminta), maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada atasan PPID dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kerja sejak di permohonan informasi ditolak.
  8. Atasan PPID wajib memberikan tanggapan tertulis atas keberatan yang diajukan Pemohon Informasi selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari kerja sejak keberatan tertulis yang diajukan oleh Pemohon Informasi diterima.
  9. Apabila Pemohon Informasi tidak puas dengan keputusan Atasan PPID, maka pemohon informasi dapat mengajukan keberatan kepada Komisi Informasi dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja sejak tanggapan dari atasan PPID diterima oleh Pemohon Informasi Publik.