Tingkatkan Kunjungan Wisata, Disbudpar Gelar Famtrip bagi Pelaku Usaha Pariwisata

39

Untuk meningatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Aceh, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh kembali melaksanakan Familiarization Trip (Famtrip) dengan mengundang para pelaku perjalanan wisata dari beberapa provinsi, selama empat hari, 22-25 Juli 2022.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal, menyebutkan, kegiatan famtrip ini bertujuan untuk pengenalan destinasi wisata di Aceh yang ada di tiga wilayah, seperti Aceh Besar, Banda Aceh dan  Sabang.

“Kegiatan famtrip diperlukan bagi pelaku usaha pariwisata untuk memperkenalkan daya tarik wisata ataupun produk wisata baru yang akan dan sedang dikembangkan di Aceh, sehingga mampu meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan serta memberikan pilihan destinasi wisata yang beragam dalam melakukan kunjungan wisata,” jelas Almuniza.

Dipilihnya tiga wilayah tersebut, tambah Almuniza merupakan destinasi yang paling diminati oleh wisatawan, baik mancanegara maupun domestik.

“Hal ini terlihdat dari semakin tumbuhnya beberapa sektor industri pariwisata seperti penginapan, restoran, jasa pemandu, serta meningkatnya kebutuhan layanan transportasi menuju destinasi wisata,” tambahnya.

Dalam kegiatan famtrip ini, peserta dan kelompok sadar wisata juga diajak mengunjungi beberapa destinasi di Kota Banda Aceh seperti Museum Tsunami, Kapal di Atas Rumah dan Kapal PLTD Apung. Sementara peserta sadar wisata di Kota Sabang mengunjungi beberapa destinasi yang dikemas oleh pokdarwis, seperti Jaboi, Anoe Itam, dan Goa Jepang.

Pada kesempatan yang sama peserta juga mengikuti dolphin trip serta snorkling di pantai Iboih dengan tujuan dapat memberikan pengalaman pada spot-spot tujuan wisata yg menarik sehingga peserta dapat mengemas dan menjual paket wisata ke Aceh Besar, Banda Aceh dan Sabang.