Selamat Aceh Singkil! Tanjung Mas Terpilih sebagai Desa Budaya Terbaik Nasional

126

Setelah berhasil menyabet juara pertama di Anugerah Pesona Indonesia (API) Award pada kategori festival pariwisata lewat Festival Pulau Banyak, kali ini Aceh Singkil kembali ukir prestasi.

Lagi-lagi Desa Tanjung Mas, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, dinobatkan sebagai desa budaya terbaik nasional.

Penghargaan ini diberikan untuk lima desa yang ada di Indonesia, yang diberikan pada acara anugerah desa budaya terbaik dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia di Gedung Plaza Insan Berprestasi Kemendikbud di Jakarta, Jumat, 17 Desember 2021.

Penghargaan ini diserahkan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Hilmar Farid yang diterima langsung
Keuchik Tanjung Mas Sabirin Malau di dampingi Wanhar Lingga Pendamping Desa Budaya Tanjung Mas.

Sabirin Malau, mengaku tidak menyangka desanya terpilih menjadi desa budaya terbaik.

“Di luar dugaan. Ditetapkan saja menjadi desa budaya sudah sangat senang. Apalagi terpilih menjadi desa budaya terbaik tingkat nasional,” kata Sabirin.

Pendamping Kebudayaan Desa Tanjung Mas Wanhar Lingga mengatakan, prestasi yang diraih merupakan titik awal kebangkitan desa dalam berbudaya.

“Semoga dengan kegiatan ini kedepan pelestarian budaya terus eksis,” ujar Wanhar.

Wanhar juga mengucapkan terima sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat yang terlibat, sehingga desa Tanjung Mas terpilih menjadi desa budaya terbaik tingkat nasional tahun 2021.

Selain Desa Tanjung Mas di Aceh Singkil, penghargaan ini juga diterima oleh empat desa lainnya seperti Desa Maitara Utara, Maluku Utara, Desa Pedalaman, Kalimantan Barat, Desa Mulyasari, Jawa Barat dan Desa Tandealo, Sulawesi Barat.