Sambut Penas KTNA, Museum Tsunami Gelar Pameran Nelayan Pascatsunami

383

Dalam rangka memeriahkan Pekan Nasional KTNA XV 2017, Museum Tsunami Aceh akan menggelar Pameran Kehidupan Nelayan Pasca Tsunami 2004, yang rencana akan dimulai sejak tanggal 3-14 Mei 2017.

Sebagai penyempurnaan materi pameran tersebut, pihak Museum Tsunami Aceh turut memamerkan sejarah hidup pelaut besar masa silam.

Kordinator Museum Tsunami Aceh, Almuniza Kamal, dalam pertemuan dengan peneliti Taqiyuddin Muhammad dan aktivis kebudayaan Masyarakat Peduli Sejarah (MAPESA) disepakati, yang dipamerkan adalah pada pelaut besar dari dua zaman. Yakni, zaman negara Kesultanan Samudera Pasai dan zaman negara Kesultanan Aceh Darussalam.

“Kami diberikan data tentang Syah Bandar Muktabar Khan zaman Sultan Johan Syah tahun 1734, Syah Bandar Gigieng 1879, dan navigator (muallim) Samudera Pasai zaman sekira penghujung abad 15 awal abad 16, oleh Tgk Taqiyuddin dan rekan Mapesa lainnya,” kata Almuniza, Sabtu (19/4/2017).

Lebih lanjut, Almuniza juga menyebutkan adanya kegiatan pameran ini juga menjadi bagian untuk menyemarakkan Penas KTNA yang berlangsung sejak 2-11 Mei yang dipusatkan di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.