Pemerintah Aceh bersama Kabupaten Sumedang Gelar Haul Tjuk Nyak Dhien

24

Haul atau memperingati wafatnya Pahlawan Nasional Tjut Nyak Dhien pada tanggal 20-21 November 2021 di Sumedang, merupakan sarana untuk mempersatukan Aceh dan Sumedang dalam bingkai budaya, sejarah dan seni.

Diyakini bahwa Tjut Nyak Dhien bisa mempersatukan Sumedang dan Aceh. Oleh karenanya, kegiatan Cahaya Dari Negeri Aceh merupakan sarana untuk itu. Karena dalam kegiatan ini akan dihadiri para bupati dan tamu undangan dari Aceh tidak kurang dari 100 orang.

Kegiatan Cahaya dari Negeri Aceh pada hari pertama, Sabtu 20 November 2021) akan diisi dengan ziarah makam Tjut Nyak Dhien, pemberian bingkisan pada para penjaga makam, dan Gala Dinner yang akan dihadiri Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat dan Aceh, Bupati Sumedang, Wakil Bupati Sumedang, Para Bupati dari Aceh, Sekda Sumedang, para pengusaha dan tamu undangan lainnya.

Sedangkan pada hari kedua, Minggu 21 November 2021 kegiatan akan diisi oleh kunjungan ke Keraton Sumedang Larang, dan Museum Prabu Geusan Ulun, Pedaran Sejarah Tjut Nyak Dhien, Pertunjukan budaya, dan kunjungan wisata.