PEMA IAIN Langsa Gelar Wisata Karya Sirup Mangrove di Kuala Langsa

174

Pemerintahan Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa melakukan wisata karya sirup Mangrove yang merupakan hasil dari home industry warga Kuala Langsa, Kamis (6/12/2018).

Presiden Mahasiswa IAIN Langsa Muhammad Jailany dalam keterangannya menyebutkan, adanya kegiatan wisata karya sebagai wujud untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat.

“Sebelumnya, saya sempat terpilih sebagai delegasi presiden nasional yang mengikuti Student Mobility Program serta tour 3 negara tetangga (Singapore – Malaysia – Singapore), jadi kita telah sepakat IAIN Langsa untuk melakukan kerja sama dengan pihak kampus Universitas Selangor, Malaysia dalam mempelopori plain market bagi produksi sirup mangrove olahan warga Kuala Langsa agar dapat bersaing di level nasional maupun internasional,” ujarnya.

Untuk itu, kata Jailany, IAIN Langsa akan mengundang mahasiswa dari Universitas Selangor kedepan agar dapat hadir di IAIN Langsa untuk bisa melihat langsung potensi dari warga Kuala Langsa tersebut.

Melalui kegiatan wisata karya ini, tambah Jailany, kita harapkan adanya edukasi serta motivasi untuk warga yang telah turut andil menciptakan produk sirup tersebut agar kedepan dapat menciptakan poros ekonomi baru di Kota Langsa melalui adanya home industry.

“Oleh karena itu mari mencintai produk lokal yang sifatnya local wisdom serta saya mengajak kita semua untuk mendukung pegiat pegiat ekonomi kreatif di Kota ini agar dapat memakmurkan masyarakat kita di Kota Langsa ini,” tandasnya.

Ketua PKK Gampong Kuala Langsa Nur Aflah juga menyampaikan, bahwa ide kreatif untuk membuat sirup tersebut awalnya melalui pelatihan pelatihan yang dilakukan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat dan bekerja sama dengan pengurus PKK Gampong Kuala Langsa pada tahun 2017 silam.

“Saat ini outputnya kita mampu mengolah sendiri sirup ini, dengan berbahan baku mangrove jenis berembang atau lebih dikenal dengan buah ara sungai, kemudian bunga rosela sebagai pewarna dan gula sebagai bahan rasa dan pengawet sirup tersebut,” sampainya.