Pantai Gapang jadi Pusat Kegiatan Festival Selam Internasional

81

Pulau Weh, Sabang akan menjadi tuan rumah perhelatan Aceh International Diving Festival and Championship 2019 yang berlangsung 6-7 Oktober 2019 mendatang di kawasan wisata pantai Gapang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin, menyebutkan, kegiatan festival ini sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan wisata bahari yang ada di Sabang.

“Festival ini bertujuan mengembangkan wisata bahari Kota Sabang dan meningkatkan kunjungan wisata ke Aceh,” kata Jamaluddin, Senin (1/20/2019).

Menurut Jamaluddin, kegiatan olahraga tersebut dapat mempromosikan potensi wisata bawah laut dan mewujudkan Sabang sebagai desatinasi wisata bahari unggulan nasional.

Seperti pada tahun 2017, Indonesia pernah mendapat penghargaan dari British Dive Magazine di acara World Travel Market London sebagai Best Dive Destination. Sebagai upaya rebranding pariwisata, Pemerintah Aceh menjadikan Sabang sebagai spot wisata selam unggulan bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata.

Aceh International Diving Festival and Championship 2019 ini, sebut Jamaluddin, nantinya akan memadukan atraksi budaya dan alam, khususnya bawah laut.

“Untuk budaya, akan ada penampilan tarian tradisional dan hiburan menarik, serta makan siang bersama dengan menu kuah beulangong, salah satu masakan khas Aceh,” sebutnya.

Pulau Weh, Sabang akan menjadi tuan rumah perhelatan Aceh International Diving Festival and Championship 2019 yang berlangsung 6-7 Oktober 2019 mendatang di kawasan wisata pantai Gapang.Dedy Jalil yang juga panitia kegiatan festival ini menambahkan, ada beberapa agenda nantinya digelar sejak hari pertama, mulai dari lomba finswimming sejauh 6.000 meter untuk putra dan putri dan lomba bouyancy yang terbukan untuk semua umur.

“Pada hari kedua, ada acara Open Intro Dive bagi masyarakat umum dan Beach Clean up. Open Intro Dive bertujuan mengenal dan mendekatkan kegiatan menyelam kepada masyarakat,” katanya.

Selain itu, pihak panitia, tambah Dedy juga menggelar lomba fotografi bawah laut dengan kategori yang sudah ditentukan. Kegiatan tersebut akan diikuti oleh perwakilan pengurus provinsi Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia dan peserta umum baik lokal, nasional maupun mancanegara.