Museum Tsunami Gelar Pameran Tematik “The Animal Instinct”

61

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Museum Tsunami Aceh akan menggelar sebuah pameran tematik yang mengangkat tema “The Animal Instinct: Sense of Disaster”.

Kegiatan pameran ini digelar mulai 23-29 Juni mendatang di ruang pameran temporer lantai dua Museum Tsunami Aceh.

“Pameran ini terbuka bagi publik atau masyarakat umum selama sepekan di lantai 2 museum,” jelas Kepala UPTD Museum Tsunami Aceh M Syahputra AZ, Sabtu, 18 Juni 2022.

Adanya kegiatan pameran ini, sebut Syahputra terilhami dari beberapa kisah bencana alam dan musibah yang pernah terjadi membuat banyak peneliti mencoba melakukan studi akan keterkaitan perilaku hewan terhadap bencana yang mengancam.

“Seperti pada musibah Tsunami dan gempa Aceh yang terjadi tahun 2004 atau Tsunami, banyak saksi yang menceritakan tentang sekelompok hewan yang berusaha melarikan diri dari suatu lokasi, jauh sebelum manusia menyadari ancaman yang akan datang,” kisah Syahputra.

Dalam pameran ini, pengunjung nantinya akan disuguhkan bagaimana naluri hewan terhadap bencana alam yang terjadi di sekitar kita, dan tidak ayal hewan juga sering disebut sebagai salah satu pendeteksi bencana.

Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan untuk datang dan melihat langsung pameran tematik ini ya!