Marching Band Gita Handayani Akan Tampil Virtual di HUT RI

29

Marching band Gita Handayani binaan Dinas Pendidikan Aceh dipastikan akan berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia pada Senin, 17 Agustus 2020 mendatang.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah saat menggelar rapat pagelaran kesenian dalam rangka HUT Kemerdekaan RI Tahun 2020, yang digelar secara virtual, Rabu (8/7/2020).

“Insya Allah, kita punya tradisi untuk tampil di istana negara pada kegiatan 17 Agustus,” kata Nova menegaskan keikutsertaan marching band di bawah Dinas Pendidikan Aceh itu.

Rapat yang dipimpin langsung Kepala Sekretariat Kepresidenan, Heru Budi Hartomo tersebut diikuti juga oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kesbangpol, Kepala Dinas Kominsa, Kepala Biro Umum Setda Aceh serta perwakilan tim marching band Gita Handayani.

Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana selaku Ketua Bidang Kerumahtanggaan dan Kemitraan, Rika Kiswardani, mengatakan, acara kenegaraan tersebut direncanakan akan didahului dengan penampilan pagelaran kesenian selama 30 menit sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Kemudian 60 menit sebelum penurunan bendera pada sore hari juga akan ada pagelaran seni daerah. Pagelaran seni dari Aceh direncanakan akan tampil pada sore hari.

“Mengingat masih berlangsungnya masa pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, maka seluruh penampilan pagelaran kesenian dimaksud akan ditampilkan secara virtual dan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi pemerintah dan swasta di Indonesia,” kata Rika.

Kadisbudpar Aceh Jamaluddin, mengatakan pemerintah Aceh siap menampilkan tarian daerah dan marching band Gita Handayani.

“Kita siap menyukseskan perayaan HUT Indonesia dan tampil menyesuaikan dengan waktu yang tersedia,” kata Jamaluddin.

Tim Marching Band Gita Handayani mengukir banyak prestasi di tingkat nasional. Pada tahun lalu, tim ini berhasil meraih juara umum Grand Prix Junior Band (GPJB) piala Presiden Republik Indonesia.

Sebelumnya pada tahun 2018, marching band ini juga menjadi juara umum di kejuaraan Marching Band Piala Raja Hamengku Buwono di Yogyakarta. Pada tahun 2017, tim ini juga tampil di Istana Negara pada perayaan Kemerdekaan Indonesia.