Ketua TP PKK Aceh Resmikan Ruang Bermain Ramah Anak di Taman Sultanah Safiatuddin

24

Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Aceh Dyah Erti Idawati meresmikan Ruang Bermain Ramah Anak (RBRA) di Komplek Taman Sultanah Safiatuddin, Banda Aceh, Minggu, 3 Juli 2022.

Peresmian ruang bermain ini dihadiri oleh jajaran SKPA serta puluhan anak dari Forum Anak Kota Banda Aceh, Forum Anak Tanah Rencong, TK Baitusshalihin, dan Anak-Anak PAUD lainnya yang ada di Banda Aceh.

Dyah Erti dalam sambutannya menyampaikan, kehadiran RBRA memang masih sangat baru dan berharap peran dari semua lapisan masyarakat untuk dapat mendukung kehadiran ruang bermain tersebut bagi proses belajar anak-anak balita.

“Kehadiran RBRA mungkin terdengar masih baru di telinga kita, dengan kita resmikan hari ini di Taman Sultanah Safiatuddin, kita harapkan partisipasi kita semua yang ada disini. Mengingat RBRA menjadi laboraturium bagi anak untuk bermain, belajar dan pemenuhan hak-hak anak serta bagi ibu-ibu,” ujar Dyah.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almunizal Kamal yang juga hadir dalam peresemian RBRA tersebut, menyebutkan adanya tempat bermain ini dikelola oleh Disbudpar Aceh.

“RBRA ini merupakan aset yang dioperasionalkan dan dikelola oleh Disbudpar Aceh, karena ruang bermain ini menjadi harapan ibu-ibu semua yang ada di Banda Aceh. Kita harapkan RBRA juga bisa menjadi inspirasi bagi daerah lainnya,” sebut Almunizal.

Ketua Badan Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (BP3A) Aceh Nevi Ariyani, dalam kesempatan peresmian RBRA juga meminta perhatian masyarakat sekitar untuk dapat sama-sama menjaga fasilitas yang telah diadakan oleh pemerintah ini.

“Keberadaan RBRA ini merupakan kerjasama kita semua, pemerintah, dan masyarakat juga menjadi pemelihara sekaligus yang akan menjaga keberadaan lokasi ini agar tumbuh kembang dan hak-hak anak bisa didapatkan dengan segala fasilitas yang ada disini,” pungkas.