Ini Dia 5 Peserta Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara dari Aceh

272

Sejak dibuka pendaftaran 10 Mei sampai dengan 10 Juni 2021 lalu, dari Aceh sebanyak 30 peserta ikut serta proses rekrutmen peserta Muhibah Budaya Daya Jalur Rempah Nusantara 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Proses rekrutmen ini telah berlangsung selama tiga hari, 14-16 Juni 2021 dengan beberapa kriteria penilaian mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, fisik dan mental.

Para peserta yang mendaftar sebanyak 30 orang tersebar dari 23 kabupaten/kota di Aceh yang telah dinilai dan diseleksi oleh dewan juri yang terdiri Dr. Bustami Abubakar (Antropolog UIN Ar-Raniry), Drs. Mawardi M.Hum, MA (Ketua Masyarakat Sejarah Indonesia), dan Serda Thomson Silaen dari Interpur Yonif 117.

https://disbudpar.acehprov.go.id/informasi-rekrutmen-peserta-muhibah-jalur-rempah/

Dari hasil seleksi tersebut , sebanyak 5 peserta terbaik dinyatakan lolos dan berhak mewakili Aceh ke tingkat nasional.

“Kelima calon peserta terpilih tersebut adalah Septi Khairullah (Aceh Taming), Fachrul Azhar (Sabang), Baihaqi (Aceh Timur), Hamdi Romansah (Simeuleu) dan Sapina Tiarani (Aceh Tamiang),” ujar Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Evi Mayasari.

Evi yang juga selaku PIC Program ini, menyebutkan bahwa, kegiata yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nasional tersebut merupakan rekonstruksi jalur rempah nusantara melalui pemahaman dan penanaman nilai-nilai budaya, kebaharian, dan kesejarahan jalur rempah nusantara yang membentang dari ujung Barat hingga ujung Timur nusanatara, dari Aceh hingga Maluku bagi generasi milenial Indonesia.

“Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusatara ini sendiri adalah kegiatan napak tilas dan ekspedisi pelayaran ke titik-titik sejarah jalur rempah yang ada di kepulauan Nusantara yang akan berlangsung mulai bulan Agustus sampai Oktober mendatang dengan menggunakan Kapal TNI AL Dewa Ruci,” sebut Evi.

Kelima peserta yang akan mewakili Aceh ini, nantinya akan menjadi duta daerah dalam event Muhibah Budaya Jalur Rempah Nusantara tahun 2021.

“Kita harapkan, kelima peserta dari Serambi Mekkah ini bisa menjadi wakil terbaik dan mampu mengangkat nama Aceh dalam event nasional tersebut,” harapnya.