Disbudpar Aceh Gelar Pelatihan Wisata Berbasis Video

43

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui bidang Pengembangan Usaha Pariwisata dan Kelembagaan (PUPK) menggelar pelatihan wisata berbasis video bagi pelaku usaha di Hotel Grand Permata Banda Aceh, 7-8 Oktober 2019.

Kegiatan yang bertajuk “Pelatihan Pembinaan Materi Pariwisata Berbasis Video” diikuti oleh puluhan peserta dari unsur para pelaku usaha pariwisata, komunitas film baik dari Banda Aceh, Aceh Besar, dan Sabang.

Dalam pelatihan ini, peserta juga dibekali untuk menguasai tiga materi, mulai dari dasar-dasar audio visual/videografi, sinematografi, dan editing.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin menjelaskan, pelatihan pembinaan materi pariwisata berbasis video ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas stakeholder pariwisata Aceh, sebagai duta potensial untuk mempromosikan pesona pariwisata Aceh kedunia.

“Melalui kegiatan ini kita ingin menggalakan promosi wisata Aceh berbasis video. Tren informasi berbasis video yang kini semakin populer karena terkoneksi dengan sejumlah platform video seperti Youtube dan Instagram, kami yakin langkah ini akan memberi hasil dan dampak positif dalam memajukan kepariwisataan Aceh yang kini menduduki peringkat ke dua nasional destinasi wisata halal unggulan di Indonesia”, jelas Jamaluddin.

Dengan pelatihan peningkatan kapasitas ini, ungkap Jamaluddin, kedepannya Aceh bisa dengan efektif untuk melakukan promosi wisata Aceh.

“Kita berharap dan mendorong para peserta kedepan mampu memanfaatkan bekal kemampuan yang mereka peroleh dari pelatihan ini. Khususnya bisa membantu mempromosikan kepariwisataan Aceh melalui media video hingga menjadi destinasi wisata unggulan dunia”, tutup Jamaluddin.