Disbudpar Aceh Bekali Pelatihan SDM bagi Pelaku Wisata Pulau Banyak

31

Pulau Banyak yang berada di Kabupaten Aceh Singkil sudah menjadi tujuan destinasi wisata favorit, karena itulah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh bekali pelaku wisata disana dengan menggelar pelatihan dan pengembangan SDM Desa Wisata.

Kegiatan yang digelar oleh bidang Pengembangan Destinasi Disbudpar Aceh ini berlangsung kecatam Pulau Banyak Barat, 17-18 September di gedung Serba Guna Desa Asantola Kecamatan Pulau Banyak Barat, Aceh Singkil.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh yang diwakili Kabid Pengembangan Destinasi Safaruddin, menyebutkan, sejak beberapa tahun terakhir, pihak telah berusaha mendorong terbentuknya desa wisata di Aceh dan juga memberikan pemahaman baru terkait pengembangan dan pengelolaan desa wisata berkelanjutan.

“Sejak beberapa tahun belakangan ini, kita sangat konsen untuk mendorong sejumlah pihak, khususnya yang berada di desa wisata agar mampu dan paham dalam pengelolaan desa wisata yang berkelanjuan. Tentunya dalam hal ini lewat penguatan SDM yang ada di desa tersebut,” pungkasnya.

Dalam pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat, mulai dari perangkat desa, unsur dari tokoh adat dan tokoh agama, Bumdes, pokdarwis dan pelaku wisata dari 4 desa yang berada di Kecamatan Pulau Banyak Barat.

Pada pelatihan tersebut juga menghadirkan dua narasumber, yakni Pengelola Desa Wisata Nglanggeran Heru Purwanto dari Yogyakarta dan Edi fadhil dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong (DPMG) Aceh.