Disbudpar Aceh Akan Gelar Festival Seni Kota Langsa 2022

Gali Potensi Kreativitas Seni

16
Guna melestarikan seni dan budaya serta memajukan pariwisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh akan menggelar Festival Seni di Mutiara Water Park, Gampong Paya Bujok Seuleumak, Kecamatan Langsa Baro, Kota Langsa.

Ketua Panitia Pelaksana Festival Seni Kota Langsa 2022, Yana Ayudhia kepada sejumlah awak media menyampaikan, kegiatan tersebut bertemakan “Gali Potensi Kreativitas Seni” direncanakan akan dilaksanakan pada 19 November 2022.

“Acara ini merupakan salah satu bentuk melestarikan seni dan kebudayaan Aceh. Kegiatan tersebut adalah kolaborasi seni yang terdiri Festival Tari Kreasi Aceh 3 Perkauman dan Pagelaran Busana Pengantin Aceh Indatu Festival,” ujar Yana.

Ia menjelaskan, Tari Kreasi Aceh adalah tari Ratoh Jaroe yang merupakan perpaduan antara beberapa tarian tradisional yaitu Likok Pulo, Rapai Geleng, Rateb Meusekat dan Ratoh Duek. Sedangkan 3 Perkauman yaitu Kaum Kerabat, Pertalian Sanak Saudara dan Puak cara Bersuku-suku atau Persukuan.

“Tari Kreasi Aceh 3 Perkauman juga menjabarkan bahwa Langsa dahulunya merupakan Ibukota Kabupaten Aceh Timur yang merupakan daerah dengan penduduk asli bersuku Aceh, Gayo dan Tamiang (Melayu),” terangnya.

“Sementara Pergelaran Busana Pengantin Aceh Indatu mengarah pada penampilan gaya pakaian yang dikenakan para peragawan dan peragawati selama kegiatan Festival, mencolok pada Adat Aceh Jameun,” pungkas Yana Ayudhia.