Delapan Pantai di Sabang Ini Telah Dikenal oleh Dunia

537

Sebanyak delapan pantai wisata yang tersebar di Pulau Weh, Kota Sabang sudah mendunia dan telah dikunjungi belasan ribu wisatawan domestik dan mancanegara.

“Keseluruhan ada delapan pantai yang sudah dikunjungi belasan ribu wisatawan domestik dan internasional,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Sabang Faisal, Rabu (6/2/2019).

Pantai wisata yang sering dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara di Sabang itu meliputi Pantai Iboih, Gapang, Sumur Tiga, Kincir, Aneuk Laot, Paradiso, Pantai Kasih, Anoi Itam, Jaboi dan Pasir Putih.

“Masing-masing pantai itu memiliki daya tarik tersendiri dan yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan asing adalah Pantai Iboih, Gapang dan Sumur Tiga,” ujar Faisal.

Pantai Iboih di Gampong (desa) Iboih, Sukakarya, Sabang menjadi salah satu destinasi wisata bahari favorit dan wisatawan domestik serta internasinal sering melakukan aktivitas “snorkling” atau menyelam di atas permukaan laut, dan “diving” atau menyelam pada kedalaman 10 hingga 60 meter.

Kemudian, di Pantai Gapang, para pelancong juga bisa melakukan aktivitas wisata serupa sebagaimana yang ditawarkan di Pantai Iboih. Ke dua pantai ini masih di satu desa (Iboih).

Selanjutnya, Pantai Kasih, Paradiso, Sumur Tiga, dan Anoi Itam jarak tempuh dari pusat kota sekitar 4-10 menit. Di lokasi destinasi wisata bahari tersebut para pelancong disunguhkan hamparan pasir putih yang langsung menghadap ke laut lepas tanpa batas yakni, Samudera Hindia dan Selat Malaka.

Masih di pantai itu, para wisatawan domestik dan internasionl juga bisa menyaksikan langsung pelayaran kapal kargo dari pelbagai negara di dunia yang melintasi Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

“Destinasi unggulan kita adalah bahari. Selain itu Tugu Kilometer Nol Indonesia dan wisata `heritage` juga sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan asing,” imbuh Faisal.

Secara geografis Kota Sabang, Provinsi Aceh luasnya, 12.213,96 hektare, terdiri lima pulau, yakni Pulau Weh, Klah, Rubiah, Seulako dan Pulau Rondo. Sebelah Utara berbatasan dengan Selat Malaka, Selatan berbatasan Laut Andaman, Timur Selat Malaka dan Barat berbatasan Laut Andaman.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata pada 2007 telah menetapkan, Pulau Weh (Sabang) sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dan sejak itu pemerintah daerah terus mengampanyekan industri pariwisata.