Pembukaan Aceh Ramadhan Festival Berlangsung Lancar

Dikemas secara Hybrid dan Prokes Ketat

Meskipun pandemi Covid-19 masih melanda tanah air, semangat untuk terus memajukan industri pariwisata dengan menciptakan ragam even wisata menarik dan tematis tidak pernah padam, terlebih bagi daerah yang berada di ujung pulau Sumatera, Aceh.

Aceh dengan beragam atraksi wisata telah menyiapkan berbagai even pariwisata di tahun 2021 yang terangkum dalam Calendar of Event (CoE) Aceh 2021, dimana terdapat 3 (tiga) diantaranya masuk dalam Kharisma Event Nusantara 2021 yang telah diluncurkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Aceh Ramadhan Festival (ARF) 2021 menjadi salah satu dari tiga Top Event Aceh tahun ini yang mengusung tema “Wonderful Ramadhan in Aceh” mulia 26 April hingga 2 Mei mendatang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Jamaluddin, yang ikut hadir sekaligus membuka kegiatan ARF Festival 2021 menyampaikan, festival ini merupakan agenda tahunan dalam rangka menyambut dan memeriahkan bulan suci Ramadhan di Aceh.

“Tahun 2020 event ini sempat ditiadakan akibat tingginya kasus Covid-19, dan rasa syukur Alhamdulillah pada tahun ini Aceh Ramadhan Festival kembali digelar,” ujar Jamaluddin dalam sambutannya, Senin (26/4/2021) di Taman Seni dan Budaya Banda Aceh.

Lebih lanjut, kata Jamaluddin, festival ini digelar dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, melalui prinsip 4M, yakni Menjaga jarak, Memakai masker, Mencuci tangan dan Menghindari kerumunan.

“Selain itu juga disediakan alat protokol kesehatan di beberapa titik venue acara demi kenyamanan dan keselamatan pengunjung selama kegiatan berlangsung,” ujarnya kembali.

Aceh Ramadhan Festival 2021 yang berlangsung selama 7 (tujuh) hari diisi dengan berbagai kegiatan Islami yang unik dan menarik, seperti musik gambus, komunitas drumer dan perkusi, dalail khairat, kompetisi da’i cilik, serta tausiah atau kultum sebelum berbuka puasa.

Tidak hanya itu, Aceh Ramadhan Festival 2021 juga menyuguhkan bazar kuliner Aceh yang diikuti oleh 20 tenant pengusaha kuliner dan UMKM yang ada di Aceh.

“Kami menyampaikan aspresiasi dan ucapan terimakasih kepada stakeholder, komunitas, dan pelaku industri pariwisata dan ekonomi kreatif, yang telah meramaikan, mendukung serta menyukseskan kegiatan Aceh Ramadhan Festival 2021 dari awal persiapan hingga nanti berakhirnya kegiatan”, tutup Jamaluddin.

aceh ramadhan festivalCahaya Acehcalendar of eventDisbudpar Acehfestival ramadhanKalender Event Aceh