Gampong Nusa, Potensi Pariwisata Unggulan dari Aceh Besar

Gampong Nusa merupakan sebuah desa wisata yang berkonsep berbasis masyarakat. Gampong yang terletak di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar hanya berjarak sekitar 10 kilometer dari pusat ibukota Banda Aceh.

Potensi lokal yang dimiliki oleh Gampong Nusa terus diramu menjadi berbagai atraksi wisata dengan tujuan utama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Gampong Nusa termasuk salah satu gampong yang bangkit dari keterpurukan, karena menjadi salah satu gampong yang terkena dampak gempa dan tsunami pada 26 Desember 2004 silam.

Banyak hal unik yang akan kita jumpai di Gampong Nusa, seperti barang-barang yang berbahan sampah organik, jamuan makanan lokal dapat direservasi melalui atraksi wisata kuliner. Menginap di dirumah-rumah penduduk (homestay) sebagai bagian akomodasi perjalanan wisatawan kian dikembangkan dengan mengikuti kaidah-kaidah kearifan lokal serta bonus pemandangan yang asri dengan nuansa perkampungan.

Wisata edukasi seperti kelas memasak, daur ulang sampah, permainan traditional adalah atraksi wisata yang dapat dinikmati di Gampong Nusa. Tidak hanya hal tersebut, nuansa budaya lokal lainnya dapat juga diperoleh melalui atraksi rapai, tariselamat datang untuk menyambut ketangan tamu, hari meugang, moment qurban dan atraksi adat seperti moment khanduri maulid, khanduri pade dan adat perkawinan.

Pengelolaan wisata berbasis masyarakat telah dilakoni sejak tahun 2013 secara suakelola masyarakat Gampong Nusa yang bergabung dalam Lembaga Pariwisata Nusa (LPN) dan pada tahun 2015 Gampong Nusa berani menlaunching diri menjadi salah satu destinasi desa wisata berbasis masyarakat di Propinsi Aceh.

Sinergisitas dengan berbagai stakeholder seperti pemerintah, sektor swasta, organisasi sipil dan juga akademisi terus dilaksanakan sebagai upaya untuk mencapai tujuan kesejahteraan bersama.

Cahaya Acehdesa wisata nusaDisbudpar Acehgampong nusaLembaga Pariwisata Nusa