Almuniza Harap Hasil Lomba Desain Motif Aceh Lahirkan Sebuah Produk

16
Lomba Desain Motif Aceh yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh telah sukses dilaksanakan.

Lomba ini ditutup dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal di bawah Rumoh Aceh, Kompleks Museum Aceh, Selasa, 22 November 2022.

Lomba yang diselenggarakan sejak 8 November 2022 ini, selain lomba desain juga ada lomba mewarnai motif Aceh bagi murid jenjang taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD).

Almuniza menyampaikan lomba desain ini untuk menjaga tradisi kesenian Aceh agar tidak hilang ditelan arus modernisasi. Kemudian, juga untuk memperkuat karakternya, serta melahirkan motif yang dimodifikasi dengan ruh keacehan.

“Kita banyak menemukan desain motif Aceh ada di Rumoh Aceh ini dan termasuk di batu nisan. Saya harap ini menjadi sebuah kegiatan yang bisa dilaksanakan di setiap tahunnya, supaya ada peningkatan dan bentuk kreativitas bagi teman-teman yang menyukai di bidang desain,” kata Almuniza Kamal saat memberikan sambutan.

Almuniza menilai, lomba desain motif Aceh ini pertama digelar oleh pihaknya dan mendapat antusias tinggi dari peserta.

Dia berharap, event ini menjadi kegiatan yang terus dilakukan setiap tahunnya, agar memotivasi pelajar untuk menghargai dan mengetahui kesenian dan budaya Aceh.

“Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesenian asli Aceh, seperti tagline kita ‘Lestarikan Budaya, Majukan Pariwisata,” kata Almuniza.

Dari hasil karya peserta tersebut, diharapkan bisa menghasilkan produk yang tentunya berguna untuk meningkatkan pendapatan para desainer yang memiliki kreativitas.

“Kita mengapresiasi kepada peserta lomba yang ikut dalam kegiatan lomba desain motif Aceh, sehingga motif desain Aceh ini bisa menghasilkan sebuah produk,” ujarnya.

Almuniza juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja dengan baik, mudah-mudahan kedepannya dengan kegiatan yang sama akan lebih masif dan besar lagi.

”Selamat kepada sang juara, mudah-mudahan hasil karyanya bisa dimaksimalkan serta terus berkarya untuk melestarikan seni budaya Aceh tentunya pada desain motif Aceh,” pungkasnya.

Sub Koordinator Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Jihaddul Hayat menambahkan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu inspirasi bagi generasi Aceh dalam melahirkan karya-karya kreatif serta inovatif, dengan cara mengaktualisasikan keragaman motif khas Aceh.

“Hasil kreasi dari para peserta ini juga diharapkan bisa diterima dan disenangi oleh masyarakat hingga wisatawan, sehingga menumbuhkan pasar baru bagi pelaku seni motif Aceh dan produk yang dihasilkan tetap memiliki nilai dari akar budaya Aceh dan juga memiliki identitas budaya Aceh yang sarat akan nilai-nilai Islam,” ujar Jihaddul.

Adapun pemenang lomba dalam kegiatan itu masing-masing:

Lomba Desain Motif Aceh

Juara 1 : Muhammad Akmal Jakfar
Juara 2 : Habibi Adha
Juara 3 : Teuku Akmal Fahmi

Lomba Mewarnai Motif Aceh

Tingkat TK
1. Aisyah Ratifah
2. Aqil
3. Muhammad Shaqil

Tingkat SD
1. Rahmania Putri Santoso
2. Kesya Nabila.
3. Faiza Annisa.