Akkral dan Salwa jadi Duta Wisata Nasional 2021, Kadisbudpar: Kita Patut Bangga!

Jadi Pemicu Kebangkitan Pariwisata Aceh

46

Penantian selama 15 tahun bagi masyarakat Aceh di ajang Duta Wisata Nasional 2021, terbayar sudah setelah dinobatkannya Agam Muhammad Akkral dan Inong Salwa Nisrina Authar Nyakcut Daulat berhasil meraih juara I pada grand final pemilihan Duta Wisata Nasional 2021 di Gedung Taman Budaya, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Gubernur Aceh Nova Iriansyah pada pemilihan Agam Inong Aceh 2021 secara virtual pada akhir Oktober 2021 juga berharap Agam Inong Aceh mampu menorehkan kabar gembira dan membawa ‘selempang kejayaan’ ke bumi Serambi Mekkah.

“Kita patut berbangga atas prestasi yang diraih oleh putra-putri terbaik Aceh pada ajang Duta Wisata Nasional 2021. Tentu ini menjadi salah satu pemicu semangat masyarakat untuk bangkit kembali memajukan pariwisata setelah diterpa pandemi Covid-19,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, Senin 8 November 2021.

Kepala Dinas Kebudayaand dan Pariwisata Aceh Jamaluddin

Sebelum terpilih menjadi Duta Wisata Nasional 2021, Agam Akkral dan Inong Salwa telah menjalani karantina sejak 3 November 2021. Selain Aceh, pada posisi kedua atau Wakil 1 Duta Wisata Nasional 2021 juga diraih oleh perwakilan NTB, Akbar Ramadhan dan Ratu Balqis Islamy Tamal.

“Agam Inong Aceh telah berhasil menunjukkan kualitasnya untuk berkompetisi di tingkat nasional dengan melewati berbagai ujian yang dipersyaratkan oleh dewan juri. Dengan kemenangan ini Aceh akan semakin dikenal dan akan menyuarakan semangat branding “The Light of Aceh” ke penjuru nusantara bahkan mancanegara. Tentu kita harus bangga dan mengapresiasi atas capaian ini,” sebut Jamaluddin.