Aceh Usulkan KSPN Dataran Tinggi Gayo Alas untuk Program Strategi Nasional

206

Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan pihaknya telah mengusulkan program kegiatan percepatan pembangunan Aceh salah satunya Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Dataran Tinggi Gayo Alas (KSPN-DTGA) masuk dalam program strategis nasional (PSN).

“Kami berharap dukungan Pemerintah Pusat untuk memasukkan program kegiatan percepatan pembangunan Aceh sebagai Proyek Strategis Nasional dalam Rancangan Teknokratik RPJMN 2020- 2024,” kata Nova Iriansyah di sela-sela membuka Musrenbang RKPA 2020 di Banda Aceh, Rabu (10/4/2019).

Ia menjelaskan dalam usulan yang telah disampaikan tersebut pihaknya juga berharap pemerintah dapat melanjutkan Proyek Strategis Nasional (PSN) sesuai dengan Perpres Nomor 58 Tahun 2017 sampai tuntas dan fungsional.

Kemudian menambah Proyek Strategis Nasional (PSN) baru, yaitu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Dataran Tinggi Gayo Alas (KSPN-DTGA), Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pantai Barat Selatan Aceh dan Terowongan Geureutee.

Selanjutnya Banda Aceh Outer Ringroad (BORR), infrastruktur pendukung pelaksanaan PON 2024 di Aceh dan beberapa usulan pemerintah Aceh dan Kabupaten/Kota yang mendukung lima prioritas nasional yang sudah diusulkan secara online dalam aplikasi KRISNA-SELARAS antara lain infrastruktur Pendukung di luar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lhokseumawe.

Pengendalian Banjir Aceh Singkil, Jalan Nasional Geumpang-Pameu, pengendalian Banjir Kreung Tripa dan Tamiang, pengembangan Jaringan Daerah Irigasi Krueng Pase Dan Alue Ubay.

Pihaknya berharap usulan yang disampiakan tersebut dapat terlaksana sehingga upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud di masa mendatang.

Source Antara