Yuk, Saksikan Pembukaan Aceh Street Food Festival 2021

4

Salah satu industri yang berkembang sangat pesat di Aceh adalah industri kuliner. Industri kuliner mulai berkembang pesat di Aceh selama kurun waktu 10 tahun ini sehingga sangat banyak kita jumpai sekarang ini pelaku usaha-usaha kuliner baru di Aceh.

Berkembangnya industri kuliner di Aceh memberikan implikasi yang sangat baik bagi perekonomian yang ada di Aceh. Industri ini semakin menjadi solusi untuk permasalahan pengangguran yang ada di Aceh dikarenakan banyak menyerap tenaga kerja lokal sehingga mengurangi angka pengangguran yang ada di Aceh.

Industri kuliner merupakan salah satu industri yang sangat terdampak oleh wabah pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir. Para pelaku usaha kuliner dituntut untuk berinovasi dan merubah model bisnis lama menjadi lebih adaptif agar dapat bertahan menghadapi krisis pandemi yang terjadi dari awal tahun 2020.

Demi mengurangi dampak penularan wabah virus, pemerintah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan membatasi ruang gerak mobilisasi masyarakat demi mencegah agar tidak terjadinya kerumunan yang dapat menyebabkan penularan virus secara masif, hal ini berimplikasi terhadap para pelaku usaha kuliner karena pembatasan jumlah pengunjung dan jam operasional yang diberlakukan oleh pemerintah.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata berinisiatif menyelenggarakan kegiatan Aceh Street Food Festival 2021 yang digelar secara daring agar dapat menjadi wadah bagi para pelaku usaha kuliner untuk tetap terus bertahan menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Kegiatan Aceh Street Food Festival 2021 ini nantinya akan terdiri dari beberapa rangkaian acara seperti bazar daring jajanan tradisional dan jajanan modern, workshop UMKM food & baverage (barista’s beginner class), lomba masak makanan dan jajanan local serta performance musik local.