UPTD Taman Seni Budaya Gelar Festival Lagu Aceh

445

Bakat dan minat bernyanyi ternyata tidak pernah pudar dari masyarakat Aceh, terbukti Festival Lagu Aceh yang di gelar UPTD Taman Budaya dapat respon cukup banyak dan dengan sangat terpaksa, panitia harus membatasi jumlah peserta, mengingat waktu yang disediakan.

Panitia Festival Lagu Aceh telah menutup pendaftaran pada tanggal 19 September kemarin dan tanggal 20 September di adakan pengambilan nada dasar, bertempat di gedung terbuka Taman Seni dan Budaya.

Panitia Festival menyebutkan, jumlah peserta yang telah terdaftar sebagai peserta berjumlah 68 dengan peserta tertua berumur 47 tahun dan peserta termuda berumur 16 tahun.

Sementara Kepala UPTD Taman seni Budaya Aceh, Suburhan mengatakan, antusiasme masyarakat ini perlu kita apresiasi sebagai wujud kepedulian dan kecintaan mereka atas lagu berbahasa Aceh yang selama ini mereka dengar. Seketika bakat bernyanyi mereka juga muncul tatkala ada kesempatan untuk mengadu nyali dan kemampuan dalam festival yang kita gelar.

“Dengan adanya festival ini kita harapkan peran serta masyarakat atas kesenian terus terjaga, ini sebuah bukti otentik masyarakat kita sangat peduli kesenian, maka kita sepantasnyalah kita terus mengelola ini agar peran serta menumbuhkembangkan seni tetap lestari dan berguna bagi penguatan seni di Aceh,” jelas Suburhan.

Ajang ini, akui Suburhan sekaligus mencari bibit vokal Aceh melalui festival sangat efektif. “Apalagi kita semua tahu bahwa putra putri Aceh punya bakat tapi kekurangan panggung afresiasi sehingga diharapkan kepada produser untuk datang dan menyaksikan festival ini, sehingga dapat di orbitkan sampai pada rekaman melalui audio visual,” katanya.

Subur menambahkan, di tahun 2018 mendatang juga akan menggelar festival yang sama dengan nama Festival Lagu Gayo.

Festival lagu Aceh akan berlangsung hari 22-23 September 2017 di gedung tertutup Taman Seni Budaya Aceh, bertindak sebagai Dewan Juri dalam Festival Lagu Aceh ini, yakni Dedi Faisal, Moritza Thaher dan Kurniatun Z. Sementara pengiring live Mandaya Band. Para penonton dipersilahkan hadir menyaksikan acara ini, terbuka untuk umum dan gratis.