Tingkatkan Kompetensi Kepariwisataan, Puluhan Guru di Sabang Ikuti Pelatihan SDM

107

Puluhan guru dari sejumlah sekolah di Kota Sabang mengikuti pelatihan kompetensi kepariwisataan.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh ini berlangsung di Nagoya Inn Hotel, Selasa (30/7/2019).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui Kasubbag Program, Informasi dan Humas Disbudpar Aceh M Syahputra menyebutkan, kegiatan pelatihan dasar SDM kepariwisataan ini salah satu kerja sama Disbudpar Aceh dan Kemenpar.

“Pelatihan dasar SDM kepariwisataan bagi guru ini menjadi bagian untuk mendukung kompetensi guru didik dalam memahami pariwisata yang didukung juga oleh Kementerian Pariwisata,” ujar Syahputra.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Dinas Pariwisata Sabang Wenny Safitri juga diisi oleh sejumlah narasumber seperti Fakhrurrazi Amir yang membahas perkembangan wisata halal di Aceh, Baguslan Harahap dari Kemenpar dengan materi perkembangan pariwisata secara global.

“Selain itu, materi lainnya juga disampaikan seperti tourism mindset dan sadar wisata yang disampaikan oleh Ketua ASPPI Aceh Azwani dan Fatwa,” ujar Syahputra.

Selain pelatihan SDM, pada hari Rabu (31/7/2019) di tempat yang sama juga digelar Bimbingan Teknik Pengelolaan Homestay yang turut diisi oleh sejumla narasumber seperti Rinto Taufik Simbolon dari Kemenpar, Ketua Homestay Sabang Riza dan Sekretaris Dispar Sabang Wenny Safitri.

Sebelumnya, kegiatan pelatihan yang juga didukung oleh Kementerian Pariwisata juga digelar di Kota Langsa yang melibatkan ratusan siswa SMA dan SMK, Kamis (27/7/2019).