fbpx

Teupin Ciriek Sabang Lolos Nominasi Wisata Tingkat Nasional

51

Salah satu home stay di Sabang dan lokasi wisata Teupin Ciriek, Gampong Krueng Raya, Kota Sabang, masuk sepuluh besar nominasi wisata tingkat nasional diadakan Kementerian Pariwisata. Dengan demikian, home stay serta lokasi wisata itu akan diseleksi secara nasional untuk diperlombakan di tingkat ASEAN.

Seorang tim penilai, Nengah Moneng, menyampaikan hal ini kepada Serambi kemarin. Menurutnya, Kemenpar mengapresiasi pengelola home stay dan kelompok sadar wisata Gampong Krueng Raya, Kota Sabang. Apresiasi itu diberikan saat tim Kemenpar melakukan penilaian terhadap pelaku pariwisata di Pulau Weh, sehingga terpilih satu home stay di Sabang dan lokasi wisata Teupin Ciriek masuk sepuluh besar nominasi wisata tingkat nasional.

“Penetapan home stay dan lokasi wisata Teupin Ciriek diajukan ke lomba tingkat ASEAN, berdasarkan hasil seleksi administrasi terhadap usulan Community Based Tourism (CBT) dan home stay dari Disbudpar Aceh,” kata Nengah Moneng.

Nengah menambahkan penilaiannya selain memiliki potensi wisata yang luar biasa, tim juga menilai tentang kebersihan dan kerapian Kota Sabang yang sudah masuk dalam sapta pesona yang dilakukan Pemerintah Kota Sabang.

“Tinggal bagaimana Pemko Sabang mengemas atraksi-atraksi yang ada menjadi paket wisata. Para pelaku usaha pariwisata perlu diapresiasi, karena kegiatan mereka memberi dampak langsung pada perekonomian masyarakat,” pungkas I Nengah Moneng.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Sabang, Faisal SSos MAP, menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan Kemenpar atas terpilihnya usaha pariwisata di Kota Sabang sebagai nominator tingkat nasional. “Ini merupakan motivasi kami di daerah bersama masyarakat untuk semakin meningkatkan kualitas pariwisata Kota Sabang ke depan” ujarnya.

Faisal optimis pariwisata Sabang akan meningkat, mengingat besarnya perhatian Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sabang terhadap pengembangan destinasi pariwisata. “Sabang memiliki potensi wisata yang lengkap, seperti laut, danau, gunung, pulau, sejarah dan budaya, serta agrowisata, dan wisata minat khusus, sehingga potensi ini diharapkan memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat, sekaligus menjaga kelestariannya,” tuturnya.

Source tribunnews.com