fbpx

Tarian dari Tatarstan Negara Rusia Hipnotis Pengunjung PKA VII

488

Tarian dari Tatarstan menghipnotis ratusan pengunjung panggung utama Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh, Selasa (7/8/2018) malam. Ratusan pengunjung PKA beberapa kali memberikan tepuk tangan dan terpukau dengan tarian asing tersebut

Tatarstan merupakan salah satu negara bagian di Rusia yang banyak penduduknya beragama Islam. Pada akhir Oktober 2017 lalu, Darwati A. Gani, istri Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf bersama seniman di Aceh pernah mengunjungi Republik Tatarstan dalam kegiatan budaya dan menampilkan tarian Saman Gayo.

Tarian dari Tatarstan merupakan bagian dari eksibhisi luar negeri yang dipentaskan di panggung PKA VII. PKA VII sendiri dihadiri oleh masyarakat internasional dari berbagai negara seperti Malaysia, Brunei Darussalam, hingga Sudan.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudapar) Aceh, Amiruddin mengatakan, selama PKA VII berlangsung, masyarakat internasional ini akan menikmati kebudayaan, kuliner, dan seni tradisional di Aceh. Selain itu mereka juga bisa memperoleh informasi mengenai perkembangan investasi dan pembangunan infrastruktur dan ekonomi di Aceh melalui expo di Blang Padang.

Ia melanjutkan, perhelatan PKA VII ini lebih besar karena dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat dari berbagai daerah. Selain itu, pertunjukan kebudayaan yang ditampilkan juga lebih beragam, mulai dari tradisional hingga kontemporer.

“Selain menampilkan kebudayaan yang berkembang di Provinsi Aceh, perhelatan PKA VII juga bertujuan menggerakkan ekonomi masyarakat. Menurut data Badan Pusat Statistik Aceh, jumlah wisatawan mancanegara di Aceh terus bertambah setiap tahun,” sebut Amiruddin.

Oleh karena itu, kehadiran masyarakat internasional dalam PKA VII secara langsung juga menjadi bentuk promosi Aceh. Ia berharap, semua pihak membantu menyukseskan kegiatan PKA VII dengan memberikan rasa nyaman dan aman sehingga menciptakan kesan positif bagi wisatawan mancanegara yang hadir.