Tarian Aceh Buat Pengunjung Expo 2020 Dubai Terpesona

90

Delegasi Aceh menyuguhkan tontonan menarik saat tampil di Expo 2020 Dubai di Paviliun Indonesia.

Berkali-kali aplaus diberikan ribuan pengunjung saat penampilan kesenian dari Aceh yang ditampilkan kepada pengunjung, Jumat 5 November 2021.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, mengatakan penampilan delegasi Aceh dalam acara bergengsi tersebut merupakan upaya untuk mempromosikan budaya melalui kesenian Aceh.

“Event Expo 2021 Dubai ini menjadi momentum kita memperkenalkan budaya Aceh ke wisatawan mancanegara yang lebih luas, melalui tarian-tarian seperti seudati, saman, ratoh jaroe, rapai geleng, tari kreasi jalur rempah, dan piasan raya, serta hikayat dan serune kale,” ungkapnya.

Ribuan pengunjung memadati area outdoor stage semenjak 15 menit sebelum kesenian Aceh ditampilkan. Dibuka dengan Tari Penyambutan, aplaus pengujung menggema area paviliun Indonesia.

Dilanjutkan dengan tari Rapa’I Geleng dan Tari Saman, pemuda-pemudi asli Aceh mampu memuaskan penonton dan membuat antrian pengujung ke paviliun Indonesia mengekor.

Selain menampilkan kesenian dari Aceh, pemerintah Aceh juga mendorong dikenalnya produk asli Aceh di pasar internasional.

Lebih dari 50 produk kerajinan, bumbu masakan hingga fesyen dipamerkan di area rolling exhibition mampu menarik minat pengunjung yang hadir. Hal ini pun tidak lepas dari hasil kerjasama antara Pemerintag Aceh dan UMKM di Aceh.

Jamaluddin menilai, keikutsertaan Pemerintah Aceh pada Expo 2020 Dubai ini merupakan peluang besar dalam memperkenalkan dan mempromosikan ragam potensi dan wisata Aceh di era pandemi.

Tak hanya itu, hal tersebut juga sekaligus memperkenalkan reaktivasi industri pariwisata Aceh di era Adaptasi Kehidupan Baru (AKB) dengan segala pesona alam dan budaya, produk UMKM daerah, serta peluang investasi menarik lainnya.

“Partisipasi Pemerintah Aceh pada Expo 2020 Dubai ini diharapkan Indonesia dapat meningkatkan perdagangan, pariwisata dan investasi di kawasan Timur Tengah maupun pasar internasional lainnya,” pungkasnya.