fbpx

Selama PKA VII, Stan Arpus Aceh Hadirkan Ragam Agenda Literasi

234

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Aceh telah menyiapkan beragam kegiatan untuk memeriahkan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII yang mulai berlangsung sejak Minggu (5/8/2018).

Mengusung tema “Melalui Pekan Kebudayaan Aceh ke-7 Mari Kita Berliterasi Menuju Aceh Carong”, Dinas Arpus Aceh akan mengadakan seminar, lomba, workshop, pameran, hingga penampilan pagelaran seni dan budaya dengan menghadirkan pensyair Fikar W. Eda.

“Untuk menyukseskan kegiatan ini Arpus menggandeng sejumlah komunitas, lembaga, maupun individu di Aceh yang selama ini aktif bergiat di ranah literasi,” kata Kepala Kearsipan dan Perpustakaan Aceh, Wildan Abdullah.

Terhitung sejak tanggal 7-15 Agustus 2018, dari pukul 09.00-22.00 WIB masyarakat bisa mengunjungi stan Dinas Arpus yang dibuat di halaman instansi tersebut di Jalan Teuku Nyak Arief Banda Aceh. Persisnya di samping Asrama Haji Aceh.

Di stan ini pengunjung bisa melihat aneka foto, arsip, dan buku-buku yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan. Selain itu, juga ada demo preservasi arsip dan demo pengolahan arsip oleh pegawai Dinas Arpus.

Panitia juga mengadakan sederet lomba seperti lomba cipta jingle perpustakaan untuk siswa SMA/sederajat, lomba rangking 1 untuk SMA dan SLTP/sederajat, serta lomba bercerita untuk murid SD dan bercerita untuk murid TK.

“Selain itu juga ada workshop menulis cerpen, public speaking, hingga workshop jurnalistik yang akan diisi oleh para praktisi berkompeten di bidangnya,” kata Wildan.

Kegiatan lainnya yaitu bedah buku, penampilan dan workshop musikalisasi puisi, pemutaran film dokumenter, storytelling, bengkel karya, melukis sketsa dan ekspresi warna, hingga restorasi arsip untuk umum.

Wildan berharap, kegiatan ini tak hanya semakin meningkatkan semangat berliterasi masyarakat Aceh tetapi juga menjadikan Perpustakaan dan Kearsipan yang kreatif, inovatif, dan mencerdaskan sesuai dengan moto instansi tersebut.

Jangan lewatkan juga kesempatan membaca buku di lapak baca pustaka keliling dan kesempatan berbelanja buku di bazar Arpus yang bekerja sama dengan Gramedia.

Semua kegiatan ini berlangsung secara gratis. Bagi yang tertarik ingin menjadi peserta dan mengetahui lebih lanjut bisa menghubungi panitia di nomor kontak 0812 6974 0934 dan 0812 6998 282.

Source PKA VII