Sebanyak 25 Pemandu Rafting Ikuti Bimtek di Mane

51

Peningkatan sumber daya manusia kepariwisataan di bidang kepemanduan wisata terus didorong oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh agar terlatih sesuai dengan Standar Operation Prosedur (SOP), salah satunya dengan menggelar bimbingan teknis (bimtek) pemandu rafting, 6–8 Agustus di Wahana Lestari Adventure, Mane, Tangse, Pidie.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh Jamaluddin, menyebutkan, bimtek yang digelar di lokasi wisata rafting tersebut dalam rangka menghadapi adaptasi kebiasaan baru menuju masyarakat yang produktif dan aman terhadap Covid-19 khususnya dalam penyelenggaraan kegiatan disektor pariwisata.

“Kegiatan Bimtek Pemandu Wisata Rafting ini dapat menghasilkan pemandu wisata yang profesional dalam menangani wisatawan. Hal ini dibutuhkan demi melayani dan menjamin keselamatan nyawa wisatawan yang akan berpengaruh terhadap citra objek wisata tersebut dalam sudut pandang para wisatawan,” pungkas Jamaludin, Kamis (6/8/2020).

Menurut Jamaludin, bimtek yang diikuti oleh 25 pemandu rafting dari Pidie, Aceh Tengah dan Bener Meriah ini diselenggarakan juga sebagai upaya mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, pelaku wisata dan operator rafting.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatnya kualitas peran dan kontribusi pemandu dalam mendukung pembangunan kepariwisataan di daerahnya masing-masing. Serta meningkatnya kualitas pembinaan dan pemberdayaan pemandu oleh pihak-pihak terkait dalam mendukung pengembangan kepariwisataan di daerah dan mempromosikan objek-objek pariwisata Aceh,” tutupnya.