Sanggar Gayo Meriah Akan Tampil di Pentas Internasional India

104

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bener Meriah Sarkawi disela-sela menghadiri festival durian di Air Terjun Reje Ilang Kampung Meriah Jaya Kecamatan Gajah Putih Kabupaten Bener Meriah memperkenalkan tim penari dari Sanggar Gayo Meriah, Sabtu (2/3/2019).

Tim penari tersebut, kata Sarkawi, akan diberangkatkan ke New Delhi India pada tanggal 7-9 Maret 2019 sebanyak 10 orang yang nantinya akan mewakili Indonesia dalam acara Festival Tari Internasional Negara-negara Anggota Asia Pasific Broadcasting Union atau ABU Internasional Dance Festival.

ABU adalah wadah bernaungnya lembaga-lembaga penyiar Se-Asia Pasific yang beranggotakan 257 lembaga penyiaran termasuk LPP RRI dari 57 negara di dunia.

Keikutsertan penari ini, sebut Sarkawi, dalam rangka memperkenalkan budaya bangsa Indonesia dalam hal seni budaya, sekaligus untuk menelusuri jejak dan ikatan sejarah rekaman radio perjuangan Radio Rimba Raya di saat Agresi Militer Belanda ke II tahun 1948 sampai 1949.

Radio Rimba Raya menjadi saksi perjuangan mempertahankan proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945 yang kini rekamannya masih berada di All India Radio.

“Rekaman perjuangan itu perlu dimiliki kembali sebagai nilai sejarah bangsa Indonesia, sekaligus memperkanalkan kesenian dataran tinggi Gayo di kancah International serta mempererat hubungan dengan negara-negara Asia Pasifik,” sebutnya.