Assalamu’alaikum Wr. Wb.

lineAceh sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang terletak strategis di kawasan Selat Malaka yang merupakan jalur pelayaran internasional serta didukung dengan kekayaan alam, pesona budaya daerah, keunikan sejarah dan peninggalan Tsunami “Tsunami Heritage” terus melakukan berbagai upaya pengembangan dan promosi pariwisata daerah sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) unggulan yang aman, dan nyaman menarik bagi wisatawan.

Untuk mendukung Aceh sebagai salah satu DTW unggulan di kawasan paling barat Republik Indonesia, beberapa komponen utama perlu menjadi perhatian dalam rangka menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan menikmati keindahan alam dan budaya Aceh, seperti sistem transportasi, akomodasi, atraksi wisata, fasilitas pelayanan, informasi dan promosi wisata.

Untuk memperkenalkan dan mempromosikan Aceh secara tepat sasaran kepada wisatawan nusantara dan mancanegara, maka perlu dilakukan berbagai strategi marketing yang bersifat terpadu dan profesional dengan melibatkan seluruh stakeholder melalui pendekatan: co-based marketing, society-based marketing dan IT-based marketing dengan mengutamakan karakteristik, kearifan lokal dan keunggulan Aceh berlatar belakang keindahan alam dan budaya Aceh yang Islami.

Mempromosikan dan memasarkan objek dan daya tarik wisata Aceh (wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata tsunami, wisata kuliner), perlu dilakukan secara berkesinambungan dan berwawasan lingkungan melalui kegiatan publikasi dan promosi dengan melibatkan sumber daya daerah dan para pelaku budaya dan pariwisata.

Dalam rangka mempromosikan dan memasarkan berbagai objek dan ditarik wisata alam dan budaya Aceh kepada wisatawan nusantara dan mancanegara, maka perlu diciptakan sebuah media yang berbasis IT (IT-based marketing) dalam bentuk sebuah website yang menggambarkan berbagai informasi tentang Potensi Industri Pariwisata Aceh.

Melalui website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh diharapkan dapat membantu dan mempermudah keinginan wisatawan untuk berkunjung ke Aceh dengan berbagai informasi yang diperlukan, sekaligus mempromosikan Aceh sebagai DTW dengan branding “Fantastic Destination”. Terima kasih.