Sabang Marine Festival 2017, Partisipan Dunia Mulai Berdatangan

869

Panitia penyelenggara Sabang Marine Festivel 2017 menyatakan para partisipan mulai berdatangan ke kawasan pelaksanaan kegiatan empat hari sebelum pembukaan.

Ketua Panita Sabang Marine Festival 2017 Fauzi Umar mengungkapkan, sampai dengan Senin (17/4), pihaknya mencatat sudah ada 14 kapal layar (yacht) merapat di Pelabuhan Sabang.

“Setelah tiba, mereka langsung menjalani proses registrasi dengan tim CIQP (Karantina, Bea dan Cukai, Imigrasi dan Syahbandar),” katanya melalui keterangan resmi, Selasa (18/4/2017).

Kapal-kapal layar yang sudah bersandar tersebut a.l. Kiwi Dream, Roke, Saltire, Aku Ankka, Katy DID, Drifter, Emalina dan Rest Less. Wairima. Lalu kapal layar Astarte, Timshal, Torapa, Morning Star, Captain Jack dan Mariposa, dengan jumlah turis 40 orang.

” Peserta berasal dari berbagai negara seperti Inggris, Amerika, Netherland, Australia, New Zealand, France dan Jerman.”

Lebih lanjut dikatakan, dalam pelaksanaan event kali ini pihaknya memprediksi adanya peningkatan jumlah peserta dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, jumlah peserta Sabang Marine Festival sebanyal 20 kapal dan kali ini sudah ada 36 kapal yang mendaftar dan masih mungkin bertambah.

Adapun Sabang Marine Festival akan dirangkai dalam berbagai kegiatan seperti permainan rakyat (bakiak, balap karung, tarik tambang, panjat pinang-red), lomba dayung, para motor serta hiburan lainya. Semua kegiatan dilaksanakan mulai 19-23 April.

Deputi Komersial dan Investasi Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Syafrudin Chan menambahkan, event ini digelar untuk memperkenalkan potensi kelautan dan keindahan Sabang pada dunia internasional serta memperkenalkan dermaga Marina Lhok Weng kepada komunitas pelayar dunia.

Untuk mendukung event, BPKS mengoperasikan sistem satu pintu guna melayani checking kapal-kapal yacht. Layanan ini mempercepat proses registrasi yang dilakukan tim CIQP (Karantina, Imigrasi, Bea dan Cukai, Syahbandar) untuk kapal-kapal yang masuk ke Sabang.

Dengan sistem ini, proses checking kapal hanya berlangsung paling lama 90 menit, sedangkan proses registrasi hanya membutuhkan waktu 50 menit.