Ratusan Seniman Pase Meriahkan “Senandung Pesisir Utara”

Festival Seni Budaya Kota Lhokseumawe 2021

18

Sekitar seratus seniman tradisi dan modern dari Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara akan unjuk gigi dalam gelaran Festival Seni Budaya Kota Lhokseumawe 2021 yang mengangkat tema “Senandung Pesisir Utara” pada 6 Oktober mendatang.

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh akan disiarkan secara langsung di kanal Youtube Disbudpar Aceh yang mengambil lokasi di salah satu gedung di pertemuan Perta Arun Gas, Lhokseumawe.

“Festival ini kita gelar secara daring mengingat kondisi masih pandemi Covid-19. Dan ini bentuk keseriusan dan dukungan pemerintah terhadap ekspresi para seniman di Kota Lhokseumawe dan Aceh Utara,” jelas Kepala Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Evi Mayasari, Sabtu (2/10/2021).

Evi juga menerangkan, kegiatan tersebut akan dimeriahkan dengan sejumlah penampilan kesenian, seperti dari Sanggar Cut Meutia, Aceh Utara; Sanggar Pocut Meurah Inseun Kota Lhokseumawe; Sanggar Seudati Poemeurah Syech Jamal Cut; Rapai Rukon; Geunta Aceh Community; Tgk Ranup dan bintang tamu Joel Pase.

Dalam festival seni ini, terang Evi, juga ada penampilan tradisi kolaborasi yang tampil berbeda dengan menghadirkan tiga pelakon drama Munir, Misrawati serta pelakon cilik Sulthan Ze Alghifary sebagai MC serta kehadiran komedian Aceh, Apa Lahu yang membuat konsep festival semakin menarik.

“Kami berharap kegiatan ini bisa memotivasi para pegiat seni di Pase agar terus berkarya dengan mempertahankan nilai-nilai budaya dan sejarah Aceh,” tambah Evi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin mengapresiasi kegiatan tersebut, dan berharap ke depan seniman di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara mampu menjadi motor gerapan seni budaya di Aceh.

“Atas nama Pemerintah Aceh, saya ucapkan selamat atas sukses untuk gelaran Festival Seni Budaya Kota Lhokseumawe 2021. Kegiatan ini harus dijadikan ikon kebangkitan kreativitas seniman tradisi dan modern di wilayah Pase,” singkatnya.

Salah satu pengisi kegiatan nanti, Joel Pase juga mengungkapkan, festival tersebut diinisiasi langsung oleh tokoh dan juga anggota Komisi V DPRA Fakhrurrazi H.Cut atau akrap disapa F Rozi. Ia menaruh harapan besar ke depan kegiatan serupa terus digelar untuk memberdayakan para seniman.

“Alhamdulillah acara berlangsung meriah, walau dengan proses perekaman dan tanpa penonton. Talent yang memeriahkan festival ini tampil penuh semangat, karena selama ini mereka vakum akibat Covid-19. Terima kasih kepada Disbudpar Aceh dan inisiator Bang F Rozi. Semoga acara ini bisa dijadikan agenda tahunan untuk pemberdayaan seniman di Lhokseumawe,” pungkasnya.