Rahmad dan Raisa Wakili Aceh di Pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia 2019

19

Berangkat dari rasa kecintaan terhadap budaya, Rahmad (27) dan Raisatul Gebrina (20) membuat mereka termotivasi untuk ikut serta dalam ajang pemilihan Putera Puteri Kebudayaan Indonesia (PPKI) 2019.

“Indonesia punya budaya yang sangat unik dan beragam dari Sabang hingga Merauke terutama di tanah kelahiran saya yaitu Aceh,” sebut Raisa yang juga mahasiswi kedokteran Unsyiah ini.

Rahmad juga menyebutkan, terpilihnya mereka untuk mewakili Aceh di ajang PPKI 2019 berawal dari pendaftaran daring yang dilakukan sekitar bulan April lalu.

“Prosesnya semua online, setelah dinyatakan lolos administrasi. Pihak PPKI langsung menghubungi lewat telpon untuk proses wawancara dan mengajukan sejumlah pertanyaan terkait motivasi dan wawasan kebudayaan,” ujar Rahmad yang juga alumni Unimal tersebut.

Usai dinyatakan lulus oleh pihak PPKI, tambah Rahmad, akhirnya mereka berdua secara resmi menjadi perwakilan Aceh untuk mengikuti tahap selanjutnya yakni karantina di Jakarta, 19-25 Agustus mendatang.

Sejumlah persiapan dan pencarian dukungan juga dilakukan pasangan Rahmad dan Raisa untuk mengharumkan nama Aceh ke tingkat nasional.

Tidak hanya itu, masing-masing pasangan ini juga telah mempersiapkan misi kebudayaan yang akan dibawa ke nasional.

“Rahmad akan fokus pada ‘Advokasi Seni Tari Aceh’, di antaranya Rapai Geleng, Saman, Seudati, dan Tari Ratoeh Jaroe. Sedangkan Raisa mengangkat tema ‘Advokasi Peuayon Aneuk’,” kata Rahmad yang ikut diamini oleh Raisa.

Ditanya soal semangat mengikuti PPKI 2019, Rahmad dan Raisa yang sama-sama berasal dari Kota Lhoksumawe ini pun kompak, ingin mengenalkan kebudayaan Aceh dan menjadi bagian untuk menginspirasi muda-mudi Aceh.

“Ini menjadi kesempatan kami, membawa nama Aceh dan tentunya kami untuk mengenal kebudayaan yang kita miliki serta dapat berperan aktif dalam melestarikannya khususnya terhadap budaya yang dimilik Serambi Mekkah,” ujar mantan dari duta wisata tersebut.

Kadisbudpar Aceh Jamaluddin juga berharap, perwakilan dari Aceh di PPKI 2019 ini bisa membawa nama baik Aceh ke ajang nasional lewat keberagaman budaya yang dimiliki oleh Serambi Mekkah.

“Semoga tetap semangat mengharumkan nama Aceh. Kenalkan ragam kebudayaan khas Aceh ke tingkat nasional dan semoga mendapatkan hasil yang terbaik dari ajang PPKI 2019,” harap Jamal.

Ajang Pemilihan PPKI 2019 sendiri yang digelar oleh Yayasan Putra-Putri Kebudayaan Indonesia ini akan berlangsung 24 Agustus mendatang di Gedung Kesenian Jakarta.