fbpx

PKA VII, Pekan Kebudayaan Aceh Terbesar

129

Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII yang digelar pada 5 – 15 Agustus 2018 mendatang akan tampil spektakuler, baik dari keterlibatan peserta maupun atraksi kegiatan.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Amiruddin, memaparkan, PKA VII menyuguhkan 56 rangkaian atraksi seni dan budaya yang dikemas dalam tujuh kegiatan utama.

“Ini merupakan jumlah kegiatan terbanyak dan bakal jadi pelaksanaan terbesar selama berlangsungnya PKA,” katanya, Jumat (25/05/18).

Salah satu hal menarik lainnya, kata dia, PKA kali ini tidak hanya berpusat di Taman Sulthanah Safiatuddin. Tetapi secara keseluruhan event ini diselenggarakan di 16 lokasi berbeda di Kota Banda Aceh.

Kegiatan PKA VII setidaknya diikuti oleh 7.447 peserta perwakilan 23 kabupaten/kota se-Aceh. Jumlah peserta nantinya akan terus bertambah yang merupakan utusan dari berbagai provinsi, negara sahabat (ASEAN), dan undangan dari luar negeri.

“Yang sudah konfirmasi hingga Kamis (24/05/18) kemarin, akan hadir kontingen dari Yogyakarta dan Padang, dan Brunei Darussalam dari ASEAN.”

Seremoni pembukaan di Stadion Harapan Bangsa, sebut Amiruddin, merupakan agenda yang wajib ditunggu. Pada helatan yang akan dibuka oleh Presiden RI ini, akan menampilkan tari kolosal Aceh Lhee Sagoe dengan melibatkan 1000 penari dan pertunjukan video mapping tentang peradaban Aceh, pertunjukan tari guel dan rapai pase.

“Upacara Pembukaan akan dihadiri oleh sekitar 35 ribu tamu undangan dan masyarakat umum,” sebutnya.

Amiruddin mengharapkan semua warga Aceh di mana pun berdomisili, agar mempromosikan PKA VII sehingga akan banyak turis yang berkunjung ke Aceh nantinya. Karena salah satu tujuan pelaksanaan event ini sejak 1958 adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh.

“Pelaksanaan PKA ini harus mampu mendongkrak perekonomian masyarakat Aceh,” kata Nova Iriansyah, Ketua Panitia PKA VII.

Selain pemerintah, Nova juga sangat mengharapkan peran pihak swasta untuk menyukseskan pelaksanaan PKA VII.