Persiapan Penas KTNA XV 2017 Berjalan Baik

379

Pekan Nasional Petani dan Nelayan XV tinggal menghitung hari. Melihat dari segala persiapannya, dapat dikatakan sudah hampir 80%. Mulai dari transportasi, akomodasi, lokasi acara serta lokasi gelar teknologi (galtek) sudah dipersiapkan dengan baik.

Sebagai acara akbarnya petani-nelayan terbesar di Indonesia yang diselenggarakan tiap 3-4 tahun sekali, tentu tidak terlepas dari pantauan sang tuan rumah. Gubernur Aceh, Zaini Abdullah sudah beberapa kali meninjau lokasi acara serta fasilitas bagi peserta Penas.

“Berdasarakan hasil peninjauan saya selama ini, saya sudah cukup puas dengan persiapan yang telah kita lakukan untuk acara akbar ini. Setiap hari selalu ada perkembangan yang mengejutkan,” kata Zaini.

Zaini meninjau lokasi acara yang nantinya menjadi pusat kegiatan Penas KTNA Aceh XV. Mulai dari Stadion Harapan Bangsa Lhong Raya Banda Aceh hingga akomodasi untuk peserta pun tak luput dari pantauannya. Seperti penginapan untuk peserta acara di Banda Aceh, telah disediakan rumah warga sebanyak kurang lebih 5 ribu dengan fasilitas yang memadai. Jadi para peserta Penas KTNA XV tidak perlu risau mengenai masalah penginapan.

Gelar Teknologi (galtek) di dekat lokasi utama merupakan tempat utama para peserta dalam transfer ilmu. Ada percontohan areal persawahan, jagung, sorgum, bawang merah, cabai, dan masih banyak lainnya. Bahkan di lokasi percontohan Mina Padi bukan hanya budidayanya saja yang ditampilkan, melainkan makanan olahan ikan tanpa pengawet rencananya akan ditampilkan pada saat acara berlangsung.

“Saya rasa ini semuanya sudah baik dan harus ditingkatkan kembali. Yang kurang-kurang kita perbaiki, sehingga pada saat acara berlangsung berjalan dengan baik,” tandasnya.

Source Tabloid Sinar Tani