Peringati Hari Museum Indonesia, Museum Aceh Gelar Serangkaian Kegiatan

101

Museum merupakan salah satu tempat untuk berwisata dan mengenal sejarah. Pada zaman milenial ini, keberadaan museum seakan hilang ditelan zaman. Oleh sebab itu, dalam rangka menyambut Hari Museum Indonesia yang jatuh setiap tanggal 12 Oktober, Museum Aceh akan mengadakan serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan mulai 1-13 Oktober 2018 dengan mengusung tema “Museum Kebanggaan Milenial”.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat dan keluarga museum sendiri, dimana untuk kegiatan yang melibatkan masyarakat ada lomba vlog dengan tujuan untuk meperkenalkan sejarah melalui media video.

Talkshow bertema “Sejarah, Budaya dan Kemajuan Aceh” dimana seluruh peserta dapat bertemu langsung dengan para ahli di bidang sejarah dan kebudayaan Aceh. Selain itu, juga ada kegiatan lomba ranking 1 dimana pesertanya merupakan siswa-siswi tingkat SMA se-Banda Aceh dan Aceh Besar.

Tidak lupa pada kegiatan kali ini kita juga melibatkan pihak keluarga museum sendiri dalam family gathering dimana akan ada perlombaan tradisional seperti bakiak dan masih banyak yang lainnya. Kegiatan ini sendiri bukan untuk mendapatkan siapa juara tapi bertujuan untuk mengeratkan tali silaturrahmi antar keluarga Museum Aceh khususnya.

Pada akhir kegiatan akan ditutup dengan pentas panggung budaya yang akan diisi penampilan hikayat serta band lokal dan juga pembagian hadiah untuk peserta yang telah berpartisipasi dalam kegiatan hari museum indonesia tahun ini.

Seluruh rangkaian kegiatan ini nantinya berlangsung di Museum Aceh, sehingga secara tidak langsung kita telah menumbuhkan minat masyarakat agar lebih sering berwisata ke museum dan tidak akan melupakan sejarah.