Pemko Langsa Serius Kembangkan Pariwisata

93

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui bidang Pengembangan Usaha Pariwisata dan Kelembagaan (PUPK) menggelar pelatihan sumber daya manusia bagi pelaku wisata di Kota Langsa.

Pelatihan SDM Objek Wisata Gampong Wisata Kota Langsa yang berlangsung di Hutan Kota selama 2 hari, 23-24 Juli ini dibuka langsung Wali Kota Langsa melalui Asisten II, Abdullah Gade.

Ekowisata menjadi prioritas pengembangan destinasi pariwisata di Kota Langsa dengan dua destinasi unggulan, yaitu Langsa Mangrove Forest Park dan RTH Taman Hutan Kota.

Hal tersebut diungkapkan Abdullah Gade dalam sambutannya di depan puluhan peserta.

“Pemko Langsa sangat serius mengembangkan sektor pariwisata, karena industri pengolahan kayu dan lainnya yang dahulu menjadi kebangkitan ekonomi masyarakat daerah ini telah tutup,” sebutnya.

Peluang pengembangan sektor pariwisata di gampong sangat besar karena SDA, SDM, infrastruktur, dan anggaran cukup memadai seiring adanya Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Saat ini tinggal kesepakatan bersama di gampong dan kemauan kuat dari keuchik selaku CEO gampong untuk menentukan pengembangan sektor kepariwisataan sebagai prioritas utama atau bukan.

Abdullah Gade menambahkan, pengembangan sektor pariwisata di gampong berpeluang besar meningkatkan kesejahteraan rakyat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi, hingga mengurangi kemiskinan.

“Kita bersyukur dan berterima kasih kepada Disbudpar Aceh yang berkenan memfasilitasi pelatihan ini. Untuk itu kita harus bersungguh-sungguh, serius dan tertib mengikuti pelatihan ini,” ujarnya.

Plt Kabid PUPK Disbudpar Aceh, Ismail yang mewakili Kadisbudpar Aceh, menyebutkan, kegiatan pelatihan tersebut diisi dengan edukasi mangrove yang materinya diberikan oleh pegiat wisata hutan mangrove, wisata edukasi gampong ke Gampong Simpang Lhee, Kecamatan Langsa Baro.

“Seluruh peserta di bawa ke lokasi pembuatan terasi untuk melihat proses langsung pembuatan sambil diedukasi oleh pemilik usaha terasi tersebut,” kata Ismail.

Sementara sehari sebelum pelatihan SDM Objek Wisata Gampong, Disbudpar Aceh melalui bidang PUPK juga pada tanggal 22-23 Juli, mengadakan pelatihan SDM objek Wisata Bahari bagi pelaku wisata, pelaku usaha, komunitas, dan lainnya, di aula PT PLN Langsa.