Pemkab Gayo Lues Gelar Tari Saman Massal 10.001 Penari

Setelah sukses menggelar pergelaran tari Saman Massal dengan jumlah 5.057 penari tahun 2014 silam, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Pariwisata (Dispar) Gayo Lues akan kembali menggelar pergelaran akbar Tari Saman Massal dengan melibatkan 10.001 penari.

Kegiatan yang mengangkat tema “Tari Saman Identitas Gayo Lues Kebanggan Dunia” akan digelar Minggu, 13 Agustus di Stadion Seribu Bukit, Kota Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues, Aceh.

Ketua Panitia, H. Thalib, S.Sos, M.AP dalam rilisnya Selasa (11/7/2017) menjelaskan, tari Saman sebagai salah satu tarian tradisional Gayo Lues yang sudah mengakar dan membudaya.

“Tari Saman merupakan aspek penting kehidupan masyarakat Gayo Lues, oleh karena itu perhelatan tari Saman Massal 10.001 penari hadir sebagai media untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekompakan sehingga diharapkan dapat mempererat tali silaturrahmi, memperkuat rasa persatuan dan kesatuan bangsa antar lapisan masyarakat sekaligus untuk meningkatkan minat masyarakat untuk menumbuh kembangkan dan melestarikan Tari Saman,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Dispar Gayo Lues juga bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, USAID Lestari serta Yayasan Geutanyoe.

You might also like More from author

Leave a comment