Pemerintah Aceh Ikut Meriahkan Pekan Peringatan HUT ke-42 TMII

504

Hampir selama sepekan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-42 sejak 16 April hingga 23 April yang diisi dengan sejumlah kegiatan seperti pawai budaya, pameran expo nusantara, festival kuliner dan parade busana daerah.

Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) AJ Bambang Soetanto mengatakan, digelarnya pecan peringatan HUT TMII ini sebagai bentuk rasa syukur bangsa Indonesia atas kelestarian keanekaragam budaya Indonesia.

“Tujuan dilaksanakan peringatan ulang tahun TMII adalah mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Menjaga, memelihara, dan mengembangkan budaya bangsa Indonesia juga meningkatkan kesadaran masyarakat kalau TMII berperan sebagai wahana pelestarian keanekaragaman budaya Indonesia,” katanya.

Pemerintah Aceh Ikut Ambil Bagian di HUT TMII

Dalam rangka HUT ke-42 TMII, Pemerintah Aceh melalu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh juga terlibat dan ambil bagian dari sejumlah agenda yang digelar, mulai dari parade busana daerah, pameran expo nusantara dan festival kuliner.

“Tahun ini Disbudpar Aceh melibatkan perwakilan dari Kabupaten Gayo Lues di parade busana daerah, dimana ada dua kategori yang diikutsertakan seperti lomba desain baju busana tradisi dan lomba busana daur ulang,” jelas Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Disbudpar Aceh, Irmayani Ibrahim, Ahad (23/4/2017).

Sementara di festival kuliner, sebut Irma, Aceh sendiri diwakili oleh Kabupaten Pidie Jaya yang mencoba menarik perhatian juri lewat masakan nasi briyani bebek panggang, dalica, pacri nanas, dan minuman coklat yang dicampur buah naga.

“Pada pameran expo, kita mencoba mengeksplore keelokan dan kekayaan budaya dari Gayo melalui baju krawang dan kopinya yang telah mendunia dari Kabupaten Aceh Tengah,” sebut Irwam yang didampingi Kasie Nilai Budaya, Evi Mayasari.