fbpx

Pembukaan GAMI Festival 2018 Undang Decak Kagum Pengunjung

620

Opening ceremony Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018 berhasil hipnotis ribuan mata pengunjung yang hadir di Lapangan Musara Alun, Takengon, Aceh Tengah, Jumat (14/9/2018) malam.

Hajatan akbar untuk perdana kalinya di gelar di dataran tinggi Gayo – Alas ini dibuka secara resmi oleh Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang ditandai dengan pemukulan alat akustik teganing yang didampingi oleh Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, Bupati Aceh Tenggara Raidin Pinim, Plh Bupati Bener Meriah Ismarissiska, Bupati Gayo Lues Muhammad Amru serta Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Regional II Kementerian Pariwisata Reza Fahlevi.

Shabela Abubakar dalam sambutannya menyebutkan, dataran tinggi Gayo – Alas siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai even baik tingkat provinsi hingga internasional yang nantinya mampu menarik wisatawan.

“Kami siap menjadi tuan rumah yang baik untuk penyelenggaraan berbagai even baik tingkat provinsi, nasional dan juga tingkat internasional, sehingga kedepannya bisa memberikan dampak positif bagi sektor ekonomi daerah,” kata Shabela.

Pembukaan GAMI Festival 2018 Undang Decak Kagum PengunjungTidak hanya itu, potensi dataran tinggi Gayo – Alas yang terkenal dengan kopi, tari Saman hingga pegunungan Leuser yang telah mendunia, kedepan juga layak untuk dikembangkan menjadi destinasi geopark.

Hal tersebut diungkapkan Asdep Pengembangan Destinasi Regional II Kemenpar Reza Fahlevi yang meminta untuk diusulkan oleh Pemerintah Aceh mengingat potensi dan warisan geologis yang ada di dataran tinggi Gayo – Alas memiliki nilai wisata dan daya tarik wisatawan.

“Saya ingin mengusulkan dataran tinggo Gayo – Alas kedepan bisa menjadi destinasi geopark dengan adanya Danau Lut Tawar, Pegunungan Burni Telong dan potensi alam lainnya yang nantinya akan menjadi potensi membangkitkan perekonomian masyarakat,” ujar mantan Kadisbudpar Aceh ini dihadapan ribuan pengunjung.

Menariknya, hujan rintik yang membasahi negeri di atas awan ini tidak menyurutkan warga untuk datang melihat langsung, terlebih penampilan tarian massal Opoh Kio yang melibatkan 350 penari mengundang decak kagum pengunjung yang hadir ditambah dengan kerlap-kerlip kembang api yang mewarnai pentas utama panggung GAMI Festival bersama musisi berdarah Gayo, Ervan Ceh Kul serta penyair nasional Fikar W Eda.

Sekali lagi, selamat dan sukses atas pembukaan GAMI Festival 2018. Dan jangan sampai lewatkan sejumlah agenda dan ragam pesona budaya, alam dan kuliner juga akan hadir hingga 24 November mendatang yang melibatkan empat kabupaten Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues serta Aceh Tenggara.