Pacuan Kuda Tradisional Ramaikan HUT ke-15 Kabupaten Bener Meriah

119

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Bener Meriah ke-15 akan dimulai pada Minggu (6/1/2019) ini dengan sejumlah rangkaian acara. 

Sejumlah kegiatan yang telah dipersiapkan mulai dari Sidang Paripurna di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Kabupaten Bener Meriah, Dzikir Akbar di Masjid Babussalam Simpang Tiga, Upacara Peringatan serta Pembukaan Pacuan Kuda Tradisional di Lapangan Sengeda, Senin (7/1/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Haili Yoga mengatakan persiapan event Pacuan Kuda Tradisional sudah mencapai 90%.

Ia menyebutkan Kegiatan Perlombaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo tersebut diikuti oleh beberapa kabupaten selain tuan rumah, seperti Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara bahkan Aceh Besar, Pidie Jaya juga akan turut serta memeriahkan Hari Ulang Tahun Negeri Kopi Berselimut Kabut tersebut.

“Pacuan kuda tradisional ini sudah menjadi sedikit modern dan kita harus persiapkan menjadi event nasional dan jumlah kuda yang ikut bertanding diperkirakan hampir mencapai 400 ekor kuda,” sebut Haili.

Haili Yoga juga menambahkan sebelum perhelatan akbar tersebut dimulai sejumlah pedagang yang berasal dari dalam dan luar daerah sudah memadati lapak yang disediakan oleh pihak panitia bahkan telah menjajakan dagangannya.

Ia mengharapkan kegiatan tersebut mampu meningkatkan ekonomi kreatif masyarakat yang berdomisili di kabupaten penghasil kopi tersebut.