Pacuan Kuda Gayo di Bibir Pantai Lampuuk jadi Daya Tarik Wisata Penas

Sederetan kegiatan dan agenda Pekan Nasional Petani – Nelayan XV tahun 2017 yang dibuka oleh Presiden Jokowi, Sabtu (6/5/2017) lalu hingga masih terus berlangsung di Banda Aceh.

Selain acara formal baik indoor dan outdoor, ada yang menarik yang menyita banyak perhatian kontingen dari sejumlah daerah di Indonesia, yakni lomba pacuan kuda Gayo yang biasanya di arena tersendiri, kini digelar di objek wisata pantai Lampuuk, Aceh Besar.

Ini menjadi sebuah lomba sekaligus atraksi wisata menarik yang digelar selama tiga hari yang akan berakhir besok Selasa, 9 Mei 2017, dimana setiap kuda juara akan mendapatkan hadiah uang.

Menurut salah satu panitia lomba, Sukarman menyebutkan, ada 18 kuda yang mengikuti perlombaan tersebut yang dibagi dalam dua kelas, baik untuk jenis kelas kuda tua dan kuda muda.

“Kuda-kuda ini memang didatangkan dari dataran tinggi Gayo seperti Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo Lues untuk memeriahkan Penas dan jenis kutanya pun sudah ditetapkan sebagai plasma nutfah kuda Indonesia,” ungkap Sukarman.

Dalam lomba pacu kuda ini, biasanya kuda-kuda berpacu di arena melingkar, sementara ini mengikuti line lurus dibibir pantai Lampuuk.

Sukarman juga Pemerintah Aceh kedepan bisa mengagendakan kegiatan pecuan kuda seperti ini sebagai agenda pariwisata Aceh untuk jenis sport tourism.

You might also like More from author

Leave a comment