Objek Wisata di Aceh Singkil Akan Kembali Dibuka

34

Dalam menghadapi pemberlakuan tatanan kenormalan baru (new normal) di masa pandemicovid-19, Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil melalui Dinas Parawisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora), akan kembali membuka lokasi objek wisata daerah setempat.

“Untuk rencana pembukaan objek wisata, saat ini, konsep sosialisasinya sedang disusun kepada para pelaku wisata,” kata Kadisparpora Aceh Singkil, Edi Hartono, Senin (1/6/2020) lalu.

Persiapan pembukaan lokasi objek wisata yang ada di Aceh Singkil, sebut Edi Hartono akan dimulai dengan proses sosialisasi kepada pelaku wisata di kecamatan Pulau Banyak.

“Pihak Pemkab Aceh Singkil terlebih dahulu akan melakukan sosialisasi kepada pelaku wisata di Kepulauan Banyak, Rabu. Sebelumnya pada tahapan pembukaan lokasi objek wisata, terlebih dahulu akan dilakukan sosialisasi perubahan melakukan hidup bersih sebagaimana di anjurkan oleh protokol kesehatan,” jelasnya.

Seperti, pengunjung wajib menggunakan masker, cuci tangan, pelaksanaan SD/PD, keselamatan dan kesehatan pelaku wisata, membatasi jumlah pengunjung, penyediaan APD, pembentukan visi disiplin dilokasi, pelaku dan pengunjung, jelasnya.

“Dalam pembukaan objek wisata nantinya hanya melayani pengunjung lokal dan domestik dengan tetap mengacu kepada aturan protokol kesehatan,” tambah Edi.

Sementara, untuk pengunjung mancanegara menunggu petunjuk lebih lanjut dari Pemerintah Pusat terkait surat Kemenkumham tentang larangan warga asing masuk ke Indonesia.