fbpx

Negeri Pala Keluar sebagai Juara Umum PKA VII

590

Setelah berlangsung selama 10 hari, akhirnya Kabupaten Aceh Selatan yang terkenal ‘Negeri Pala’ akhirnya keluar sebagai Juara Umum Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII yang digelar di Taman Sulthanah Safiatuddin, Banda Aceh 5-15 Agustus 2018.

Menariknya, penantian lama dari Aceh Selatan yang lebih dari satu dekade ini terbayar sudah saat diumumkan oleh Ketua Dewan Juri PKA VII, Nazaruddin Awe, Rabu (15/8/2018) malam di atas panggung utama PKA.

Aceh Selatan berhasil mengumpulkan poin 1.870 diikuti juara II Kabupaten Aceh Besar dengan poin 1.820 dan Kota Banda Aceh dengan raihan angka 1.740.

Sedangkan Juara Harapan I, II, dan III secara berurutan diperoleh Kabupaten Bireuen dengan 1.520 poin, Aceh Tengah 1.510 poin, dan Aceh Barat dengan 1.100 poin.

Tak hanya juara umum, Aceh Selatan juga dinobatkan sebagai anjungan terbaik dan stand terbaik di Expo PKA VII.

“Gubernur Aceh menimbang, mengingat dan seterusnya, memutuskan dan menetapkan juara umum atau juara I dengan perolehan nilai 1.870 diraih Kabupaten Aceh Selatan,” ujar Nazaruddin dalam pidatonya yang disambut riuh dengan tepuk tangan.

Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah dalam sambutannya mengatakan, ajang PKA merupakan saran untuk melestarikan budaya Aceh yang sangat beragam.

“Melalui semangat berkebudayaan, kita bangun kebersamaan guna menyongsong terwujudnya Aceh Hebat dengan adat budaya yang bersyariat,” ujarnya.

Penutupan even kebudayaan terbesar di Aceh ini ditandai dengan ‘teut bude trieng’ yang ditutup secara langsung oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) RI yang juga Kepala Badan Pertanahan Nasional, Sofyan Djalil yang tampil dengan pakaian adat serta kupiah meukeutop khas Aceh.