Mengenal Spot Belanja Tradisional di Paya Ilang Bebesen

74

Pasar tradisional Paya Ilang merupakan salah satu tempat belanja terbuka yang ada di Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Pasar seperti pada umumnya, menjadi tempat terjadinya proses transaksi jual beli masyarakat Aceh Tengah.

Di pasar tradisional Paya Ilang ini, pengunjung tidak selalu menjadi pembeli, namun pengunjung bisa menjadi penjual, bahkan setiap orang bisa menjual dagangannya di sini setiap hari.

Selain dikenal sebagai daerah penghasil kopi arabika gayo terbaik di dunia, Takengon juga memiliki potensi komoditi hortikultura yang tak kalah dengan daerah lainya yang ada di Indonesia, khususnya sayur-sayuran dan buah-buahan yang menjadi ciri khas dataran tinggi Gayo di Kabupaten Aceh Tengah.

Pasar tradisional paya Ilang merupakan salah satu tempat belanja terbuka yang ada di Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah. Pasar seperti pada umumnya, menjadi tempat terjadinya proses transaksi jual beli masyarakat Aceh Tengah.Setiap hari, para petani di dataran tinggi Gayo ini menghasilkan puluhan ton sayuran seperti kentang, tomat, cabai, kol, dan wortel, begitu juga dengan buah-buahan spesifik dataran tinggi seperti alpukat, jeruk keprok dan markisa, banyak dihasilkan oleh para petani yang siap jual di pasar Paya Ilang Takengon.

Pada tahun ini, Pasar Paya Ilang Aceh Tengah juga masuk sebagai salah satu nominasi diantara 12 nominasi lainnya di Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2021 dengan untuk kategori Destinasi Belanja dengan kode 5H.