Memajukan Pariwisata Aceh Lewat “Go Digital be The Best”

Masih teringat pas momen Rapat Koordinasi Rakor Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh di Hotel Hermes, Senin (19/9) lalu, Aceh menyatakan kesiapan untuk membangun dan mengembangkan pariwisata Aceh sebagai core economy.

Beberapa waktu lalu, tekad bulat Aceh untuk membangun destinasi halal kelas dunia berlanjut pada Go Digital be The Best untuk mempercepat progress Aceh sebagai destinasi wisata halal itu. Hal ini juga diaminkan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dihadapan ratusan peserta dan tamu undangan yang hadir.

Jika tidak salah, Go Digital be The Best sudah dideklarasi di dua provinsi, yaitu Kepri dan Jawa Tengah. Dan kini saatnya Aceh untuk bersiap-siap masuk ke ranah Go Digital, yang juga bagian dari salah satu program Kemenpar yang sedang dijalankan untuk kemajuan pariwisata Indonesia.

Apa itu Go Digital?

Program Go Digital sendiri memfasilitasi industri pariwisata yang 90% masih masuk kategori UMKM, unit usaha kecil dan menengah. Pemerintah –dalam hal ini Kemenpar dan Telkom– menjadi badan penyedia untuk memasarkan pariwisata lewat produk yang sudah ada di pasaran.

“Jangan pernah merasa kita paling jago dan paling pintar sendiri. Buka wawasan, benchmarking, terus diuji oleh ahlinya agar on track. Jika ingin menjadi pemain global, kelas internasional, membuat lompatan mendunia, pergunakan standar global!” jelas Arief Yahya saat berada di kantor UNWTO, Madrid, Spanyol belum lama ini.

aceh_go_digital_disbudpar_aceh

Langkah pertama Go Digital juga akan menghadirkan layanan Indonesia Travel X-change (ITX) dan menariknya pada hari Rabu, 2 Oktober nanti juga digelar Aceh Go Digital be The Best dengan tema “Menuju Pariwisata Berbasis Digital”.

Yang menjadi pertanyaan kini, sudah siapkah kita dengan Go Digital ini khususnya mereka yang bergerak di UMKM, Tour & Travel Agent, serta tour guide. Kini Aceh sudah ada Generasi Pesona Indonesian (GenPI) Aceh, para laskar digital yang terdiri dari ragam komunitas ini telah menasbihkan diri untuk mengenalkan pariwisata lewat media sosial dan berharap dengan hadirnya program Go Digital membuat viraliti juga bisa terus menyebar. Semoga!

 

You might also like More from author

Show Comments (1)