Masjid Raya Baiturrahman jadi Inspirasi Desainer Feny Mustafa

86

Tren busana muslim semakin berkembang saat ini. Bahkan di Indonesia, fashion muslim sangat maju dibandingkan dengan negara-negara lain. Maka, inovasi serta kreativitas dituntut agar busana muslim tak ketinggalan zaman.

Begitu juga yang dilakukan Shafira, brand busana muslim yang berpusat di Bandung. Mengangkat tema World Wondered, Shafira memperkenalkan busana muslim yang terinspirasi dari masjid yang ada di lima benua yakni Benua Asia, Benua Afrika, Benua Eropa, Benua Amerika dan Benua Australia.

CEO Shafira, Feny Mustafa mengatakan inspirasi lima masjid yang ada di lima benua merupakan hasil perjalanan Shafira dalam industri fashion yang sudah 30 tahun lamanya. Khusus busana muslim yang terinspirasi dari Benua Asia, Shafira memilih keindahan masjid di Aceh.

“Untuk Benua Asia kami memilih masjid Aceh karena ingin mengambil sudut-sudut budaya Aceh sehingga menjadi baju yang modern, simple dan elegan dengan warna hitam. Busana muslim modern kita tetap sesuai dengan kaidah Islam. Jadi nanti kita angkat dalam bentuk motif bordir. Nah, dari lima masjid tersebut motifnya berbeda-beda,” kata Feny dalam acara Private Fashion Show di Medan, Sabtu (16/3/2019).

Feny menuturkan, Ia memilih masjid Aceh yakni Masjid Raya Banda Aceh karena merupakan masjid tertua dan memiliki nilai sejarah yang lama.

“Jadi budaya Islam di Aceh sudah dikenal di Asia,” ujarnya.

Setiap tahunnya, Ia selalu mengangkat produk lokal. Misalnya saja pada tahun lalu, Shafira mengangkat produk lokal dari Bandung. Juga pernah mengangkat produk lokal dari Bukit Tinggi dan Cirebon.

“Kalau untuk produk lokal Kota Medan belum. Rencananya nanti akan kita hadirkan dalam event kita Fashion Week 2019 di Jakarta. Harapan kita, Indonesia menjadi kiblat busana muslim di dunia di 2020 mendatang,” pungkasnya.

Via Medan Inside