Malam Nanti, Putri Indonesia Aceh Pamerkan Kostum “Negeri 1001 Warung Kopi”

111

Puteri Indonesia (PI) asal Aceh Kenny Suwanda malam nanti, Senin (4/3/2019) bertempat di Gandaria City Mall Jakarta akan pamerkan kostum bertemakan “Negeri 1001 Warung Kopi” dalam rangka traditional costume carnival.

Nabil Cartyn selaku perancang sekaligus desainer kostum bertema kopi tersebut menyebutkan, inspirasi kostum yang akan dikenakan Kenny nanti malam berawal dari potensi Aceh yang identik dengan kopi.

“Inspirasi kostum ini melihat Aceh kaya akan potensi kopi dan pariwisata. Jadi warna-warna yang dipilih pun merupakan corak dari daerah Gayo yang memiliki warna khas seperti merah, kuning, hijau, hitam dan putih,” ungkal Nabil.

Selain motif Gayo, kata Nabil juga ada beberapa motif-motif Aceh lainnya yang dipadu padankan dalam kostum tersebut dengan total berat sekitar 20 kilogram.

“Berat kostum ini berkisaran 20kg. Desain ini mengangkat seorang barista wanita yang sedang mempersiapkan kopi terbaiknya,” sebut desainer asal Aceh ini.

Pemilihan tema besar kopi tersebut juga bukan sembarang, mengingat Aceh adalah surganya penikmat kopi. Aceh dikenal memiliki beberapa kopi khas yang kenikmatannya tiada tara seperti kopi dari daerah Gayo (arabika) dan Lamno (robusta).

“Tak heran, jika warung kopi di Aceh banyak bertebaran sehingga disebut negeri 1001 warung kopi. Sementara, kopi Gayo yang termasuk jenis Arabika di pasar dunia termasuk kelas kopi premium,” papar Nabil.

Kedua jenis kopi asal Aceh baik Arabika dan Robusta telah banyak banyak mengharumkan nama Aceh sebagai salah satu produsen kopi terbaik di Tanah Air yang merajai 40% pasar dalam negeri.

“Kita harapkan tema dalam kostum yang dipakai oleh Kenny nanti juga bisa mengharumkan nama Aceh dimata nasional,” harapnya.