fbpx

Lhokseumawe Traditional Culture Festival Digelar Oktober Ini

184

Gelaran budaya akan kembali hadir di Kota Lhokseumawe di bulan Oktober mendatang, kali ini sebuah kegiatan perdana dengan bertajuk Lhokseumawe Traditional Culture Festival akan digelar 13-16 Oktober oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Lhokseumawe yang turut didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.

Event Lhokseumawe Traditional Culture Festival sendiri merupakan sebuah momen yang lahir dari wujud keprihatinan pemerintah Kota Lhokseumawe, wujud dari kekhawatiran akan pengaruh budaya luar yang semakin membahana hampir di segala lini kehidupan masyarakat Kota Lhokseumawe.

Adanya kegiatan ini diharapkan bisa mengambil peran untuk meningkatkan harga diri dan martabat masyarakat kota sebagai jati diri daerah yang kaya budaya dan bangsa Indonesia yang merdeka dan bersatu melalui dimensi keberagaman, kesenian dan kebudayaan.

Melalui Lhokseumawe Traditional Culture Festival ini, sangat diharapkan agar para budayawan dan seniman, baik pencipta karya maupun pelaku, dapat mengapresiasikan keahliannya masing-masing dalam memajukan kebudayaan di Kota Lhokseumawe.

Sejumlah atraksi budaya, lomba, pameran wisata dan kuliner, serta beberapa pertunjukan seni budaya Kota Lhokseumawe akan ditampilkan baik yang berada di Lhokseumawe serte beberapa peserta dari seluruh kabupaten/kota di Aceh.

Dari awal, pelaksanaan Lhokseumawe Traditional Culture Festival ini bertujuan untuk merumuskan kembali pengembangan pembangunan Kota Lhokseumawe yang berlandaskan nilai-nilai budaya tradisional masyarakat.

Dasar tujuan ini tidak berubah hingga Lhokseumawe Traditional Culture Festival ini terus bergulir dimasa yang akan datang, hanya saja pelaksanaannya yang dikembangkan dan disesuaikan dengan era atau kebutuhan zaman nantinya. Pengembangan dan format rangkaian kegiatan juga berubah-ubah hal ini bertujuan untuk menggali tradisi dan melestarikan berbagai budaya tradisional Aceh yang hampir punah.

Kiranya pelaksanaan event Lhokseumawe Traditional Culture Festival ini menjadi moment yang tepat untuk menegaskan dan menunjukkan keragaman kebudayaan tradisional kota lhokseumawe, untuk masyarakat Kota Lhokseumawe itu sendiri maupun masyarakat Aceh, nasional bahkan Internasional secara umum.

Lhokseumawe Traditional Culture Festival 2018 ini dipandang sangat objektif dalam usaha memberi energi positif terhadap kesadaran generasi akan jati diri bangsa dan juga sebagai bukti semangat pemerintah untuk merumuskan kembali pengembangan pembangunan Kota Lhokseumawe yang berlandaskan nilai-nilai budaya tradisional di masyarakat.