Komunitas @iloveaceh dan GenPI Aceh Sukses Laksanakan Sanger Day+ Fest 2017

Komunitas I Love Aceh (@iloveaceh) dan Generasi Pesona Indonesia (@genpiaceh) Aceh sukses melaksanakan Sanger Day+ Fest 2017 di FJ’S Coffee Shop, Batoh Banda Aceh, Sabtu-Minggu, 21-22 Oktober 2017.

Acara yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sanger Sedunia atau International Sanger Day yang jatuh setiap tanggal 12 Oktober itu merupakan yang ke-4 kalinya dilaksanakan di Banda Aceh.

Kapala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Destinasi Disbudpar Aceh, Dedi Fahrian mengatakan pihaknya mendukung kegiatan itu sebagai salah satu ajang untuk memperkenalkan minuman khas dari Aceh ke publik. Apalagi, tambahnya acara itu dilaksanakan oleh dua komunitas media sosial yang aktif mempromosikan wisata Aceh di internet.

“Disbudpar Aceh juga mendorong dengan adanya ikon minuman Sanger ini agar bisa dikenalkan secara lebih luas, termasuk dalam berbagai kegiatan formil baik istansi atau lembaga untuk dapat menyajikan minuman sanger kepada tamu yang hadir,” ujar Dedi.

Ia berharap dengan dibuatnya kegiatan seperti ini terlebih lagi di lokasi pasar tradisional, tentunya akan banyak komunitas dan masyarakat yang terlibat, pembuat jajanan dan kuliner serta dapat membangkitkan industri ekonomi kreatif yang ada dikalangan masyarakat.

“Kita tahu pengembangan pariwisata ke depan harus menyasar semua lini, dan minuman Sanger ini salah satu potensi tersendiri dalam mengenalkan Aceh sebagai tujuan daerah wisata halal dunia,” sebutnya lagi.

Acara yang didukung oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Disbudpar Aceh itu menggandeng komunitas dan para pengrajin kue-kue tradisional Aceh itu juga membagikan 1001 cup sanger dan jajanan kuliner lainnya serta kenduri 1001 piring kuah beulangong bagi pengunjung secara gratis.

Sementara itu, Staf Khusus Kemenpar RI, Don Kardono yang dihubungi secara terpisah mengaku kagum dan bangga dengan GenPI Aceh dan Komunitas I Love Aceh atas inisiatif Sanger Day Festival 2017 kali ini. Apalagi Peringatan Sanger Day kali ini menghadirkan ragam macam kuliner nusantara.

“Kemenpar melihat, Sanger ini sebagai salah satu minuman khas dari Aceh yang perlu dipromosikan ke dunia digital,” ujar Don Kardono.

Panitia Pelaksana Sanger Day+ Fest 2017, Narsrul menyebutkan, kegiatan yang mengangkat tema “Beragam Peunajoh Satu Cita – Kuliner Aceh Pesona Rasa” juga menghadirkan Chef Nasional, Nanda Hamdalah yang mendemo sejumla jajanan dan kuliner Aceh secara langsung di lokasi acara.

Sejumlah agenda dalam Sanger Day+ Fest 2017 diantaranya pameran foto sanger, atraksi meracik sanger tradisional, standarisasi sanger, art painting show sanger, eksibisi kuliner dan jajanan khas Aceh, bazar jajanan tradisional dan nusantara, malam apresiasi sanger day, lomba meracik sanger, lomba mewarnai anak-anak, lomba pisang reuboh dan lomba boh manok weng.

Nasrul mengajak anak muda Aceh yang aktif di media sosial untuk bisa lebih meningkatkan promosi wisata Aceh ke internet.

Perlu diketahui juga, kopi Sanger yang digaungkan di Aceh ini juga dipastikan akan hadir di Pasar Karetan, Jawa Tengah yang digagas oleh GenPI Jateng, jadi jangan lupa berhadir ya dan mari kenalkan Sanger ban sigom donya.

You might also like More from author

Show Comments (1)